Longsor Tutup Jalur Utama, 3 Desa di Mamasa Sulbar Terisolasi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Longsor Tutup Jalur Utama, 3 Desa di Mamasa Sulbar Terisolasi

Jumat, 17 Juni 2022

Curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan longsor di sepanjang ruas jalan Kecamatan Mehalaan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).


MAMASA  - Curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan longsor di sepanjang ruas jalan Kecamatan Mehalaan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Sedikitnya, tiga desa terisolasi sejak lima hari. 


Kondisi tersebut menyebabkan ratusan warga terancam kekurangan kebutuhan bahan pokok karena tidak adanya akses jalan yang bisa dilalui kendaraan.


Komandan Kodim 1428 Mamasa Letkol Stevi Palapa harus melalui perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi longsor di desa pertama yang dituju.  "Kondisi yang ada memang menghambat masyarakat untuk melaksanakan kegiatan," ujar Stevi di lokasi,sebagaimana dikutip iNews.id.


Kondisi jalan sulit dilalui karena selain banyaknya tumpukan batang kayu besar serta bebatuan material longsor juga terdiri dari lumpur. Lokasi yang tertimpa material longsor merupakan jalur utama warga di tiga desa, yakni Desa Passembuk, Desa Botteng dan Desa Kondo.  Kondisi ini menyulitkan para petani untuk mengangkut hasil pertanian mereka ke kota, kecamatan dan kabupaten. 


"Harapan kami tiga desa ini ada perhatian dari pihak terkait berhubung hasil tani juga tertampung di rumah-rumah tidak bisa dibawa keluar," ujar aparat desa setempat, Rusli di lokasi.(*)