Manfaatkan FABA, PLN Bangun Kanstin 500 Meter di Jalan Protokol Kota Sawahlunto -->

Iklan Atas

Manfaatkan FABA, PLN Bangun Kanstin 500 Meter di Jalan Protokol Kota Sawahlunto

Rabu, 22 Juni 2022
Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp 150 juta dengan penggunaan fly ash sebanyak 205 ton dengan panjang kanstin yang dibangun sepanjang 500 meter.


Sawahlunto - "Program tersebut mendapatkan apresiasi Walikota Sawahlunto karena selain bekerjasama dengan BUMDES di Desa Salak untuk pemanfaatan FABA, PLN telah berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto"


Sawahlunto, fajarsumbar.com – PLN Peduli, melalui PLTU Ombilin kembali memanfaatkan FABA untuk produk konstruksi. Kali ini pemanfaatan FABA tersebut menyasar untuk pembuatan kanstin jalan protokol Kota Sawahlunto.


Berlokasi di Jalan Ir. H Amran Nur di depan Kantor Pengadilan Negeri Sawahlunto, Kegiatan peletakan baru pertama ini dilakukan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kepala Dinas PKP2LH, Adrius Putra, serta Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama, Selasa 21 Juni 2022.


Kepala Dinas PKP2LH Adrius Putra memberikan keterangan usai peletakan batu pertama.


Pada program pembuatan kanstin jalan protokol Kota Sawahlunto, PLN Peduli menyerahkan bantuan sebesar Rp 150 juta dengan penggunaan fly ash sebanyak 205 ton dengan panjang kanstin yang dibangun sepanjang 500 meter.


Dengan ada program ini, kolaborasi antara PLN dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH) dapat menjadi media sosialisasi kepada masyarakat bahwa fly Ash dan bottom ash dapat dimanfaatkan menjadi produk konstruksi dan menjadi nilai ekonomi bagi pembangunan.


Pembangunan kanstin jalan dengan FABA ini turut meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya Bumdes Karya Muda Mandiri selaku pelaku usaha yang memproduksi produk batako olahan dari FABA, yang juga merupakan salah satu binaan TJSL PLN UPK Ombilin.


Walikota Sawahlunto Deri Asta meletakkan batu pertama pembuatan Kanstin disaksikan oleh Ketua Tim TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama.


Walikota Deri Asta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT PLN (Persero) UPK Ombilin melalui TJSL berupa pemanfaatan FABA untuk pemasangan Kanstin di jalan menuju obyek wisata kandih tersebut. 


Deri Asta mengatakan bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin mempunyai nilai lebih karena bekerjasama dengan BUMDES di Desa Salak untuk pemanfaatan FABA atau abu hasil pembakaran batu bata PLTU Ombilin. Deri juga mengapresiasi kepedulian PLTU Ombilin berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto. 


"Saya sangat mengapresiasi sekali program TJSL PLTU Ombilin ini karena mempunyai nilai tambah lebih yaitu pemanfaatan Faba dan bekerjasama dengan BUMDES. Harapan saya pemanfaatan Faba ini dapat menjadi pilot projek untuk pembangunan fisik di Kota Sawahlunto," ujar Deri Asta. 


Kanstin


Ketua Tim TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama mengatakan Kanstin jalan dengan bahan utama FABA ini sudah diuji di laboratorium, sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.  


"Melalui pemanfaatan FABA, PT PLN (Persero) UPK Ombilin terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pengelolaan FABA untuk pembangunan Kanstin jalan," ujar Elfita. (adv/ton)