Olah Sampah Organik, Pemko Sungai Penuh Belajar Ke Kota Payakumbuh -->

Olah Sampah Organik, Pemko Sungai Penuh Belajar Ke Kota Payakumbuh

Rabu, 29 Juni 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Pemerintah Kota Payakumbuh menerima kedatangan tamu dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yang melakukan studi tiru ke Kota Payakumbuh, Selasa (28/6).


Tamu yang juga datang bersama Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kota Sungai Penuh beserta 20 orang Anggota BPD dari Desa Sungai Liuk, Seberang Sumur Gedang, dan Koto Dua itu diterima oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Hepi, Kabid. Pengawasan Hendra Eriko, dan Sub Koordinator Peningkatan Kapasitas Siska Fitri, di Aula Ampangan Kantor Wali Kota Payakumbuh. 


Studi yang dilakukan berupa pengelolaan sampah khususnya pengolahan sampah organik menjadi kompos di Kota Payakumbuh ini, dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 28 dan 29 Juni 2022. 


Sekretaris Dinas LH Kota Payakumbuh Hepi mengatakan dilaksanakan saling bertukar informasi baik dari Kota Sungai Penuh dan Kota Payakumbuh yang dilanjutkan dengan peninjauan lapangan ke Rumah Kompos atau TPST Pasar Ibuah untuk belajar langsung proses pengomposan di sana. 


"Di hari kedua kegiatan dilaksanakan ke Peternakan BSF (Black Soldier Fly) di Kelurahan Tiaka yang menghasilkan Magot sebagai alternatif pakan ternak dengan cara menguraikan sampah organik," kata Hepi.


Hepi menambahkan, semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumbar daya manusia dalam pengelolaan sampah sehingga sampah mampu menjadi circular economy bagi masyarakat baik Kota Payakumbuh dan Sungai Penuh. 


"Kemudian target pengelolaan sampah mampu dicapai sesuai dengan Kebijakan Stategis Daerah sampai dengan tahun 2025," pungkasnya.(Ul)