Pemkab Agam Gelar Upacara untuk Kenang Jasa Pahlawan Perang Kamang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pemkab Agam Gelar Upacara untuk Kenang Jasa Pahlawan Perang Kamang

Rabu, 15 Juni 2022

.

 

Agam - Mengenang jasa para pahlawan Perang Kamang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menggelar upacara di Halaman Kantor Camat Kamang Magek, Rabu (15/6).


Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM saat menjadi inspektur upacara mengatakan upacara itu digelar dalam rangka memperingati peristiwa yang terukir sebagai sebuah perjuangan bangsa yakni Perang Kamang yang terjadi 15 Juni 1908.


“Pada hari ini pula, dalam waktu yang bersamaan masyarakat Kabupaten Agam juga memperingati 114 tahun Perang Manggopoh,” ujarnya.


Lebih lanjutnya disampaikannya, Perang Kamang dan Perang Manggopoh tidak dapat dipisahkan karena merupakan bentuk satu kesatuan perlawanan masyarakat Kabupaten Agam terhadap kolonialisme Belanda.


“Peristiwa tanggal 15 Juni 1908 ini telah diukir dengan tinta emas sebagai dalam lembaran perjuangan bangsa Indonesia melawan Belanda,” tegasnya.


Perang Kamang dan Perang Manggopoh sambungnya, merupakan perang berlatarbelakang atas ketidakpuasan masyarakat terhadap pemberlakuan belasting atau pajak oleh pemerintahan kolonial Belanda.


“Diantara sekian banyak penentangan penjajah di Indonesia, hanya dua perang yang dilatar belakangi belasting yaitu Perang Kamang dan Perang Manggopoh. Keduanya terjadi di Kabupaten Agam,” tambahnya.


Menurutnya, semangat para pejuang dalam Perang Kamang memberikan pelajaran tentang bagaimana merajut kebersamaan tanpa memandang latar belakang dan perbedaan.


“Untuk itu mari kita contoh semangat para pahlawan tersebut dan kita padu padankan ke dalam niat kita untuk membangun Kabupaten Agam yang lebih maju kedepan,” ajaknya. (*/yanto)