Pemko Payakumbuh Komit Terapkan P3DN -->

Iklan Atas

Pemko Payakumbuh Komit Terapkan P3DN

Jumat, 17 Juni 2022
Riza Falepi 

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Dalam rangka melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo terhadap Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Pemko Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti seluruh perangkat daerah di Aula Ngalau Indah, Balai Kota Payakumbuh, Jumat (17/06/22). 


Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, program P3DN ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.


"Makanya saat ini kita tekankan kepada seluruh perangkat daerah agar menyegerakan penggunaan produk dalam negeri termasuk pemberdayaan produk UMKM kita di Payakumbuh," kata Wako Riza Falepi dalam sambutannya. 


Riza juga menyebut kalau ada dari OPD yang tidak paham terkait pengadaan dan penggunaan produk dalam negeri ini bisa langsung berkoordinasi dengan PBJ-Dalbang. Supaya produk-produk lokal bisa segera diinputkan kedalam katalog lokal.


"Ya, kalau ada yang tidak paham kan bisa bertanya. Nanti akan diajarkan supaya tidak terjadi kesalahan. Karena sampai saat ini penggunan produk dalam negeri kita itu baru sekitar 48 persen," ucapnya.


Rakor yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun Wali Kota Riza Falepi yang ke 52 tahun ini di gelar tampak tak jauh berbeda dengan rakor-rakor sebelumnya, hanya saja diakhir kegiatan seluruh peserta yang hadir tampak memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Wali Kota yang juga akan memasuki akhir masa baktinya sebagai Wali Kota beberapa bulan mendatang. 


"Harapan kita kedepan, proses belanja langsung untuk kebutuhan rutin sudah menggunakan katalog lokal ini. Jadi apa yang diperintahkan bapak Presiden Joko Widodo terkait P3DN ini bisa tersealisasi dengan baik di Payakumbuh," harap Riza.


Senada dengan Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda sekali lagi menghimbau mengimbau agar seluruh OPD bisa secepatnya menindak lanjuti arahan dari Presiden Jokowi terkait pengunaan produk dalam negeri tersebut. 


"Kami harap kita semua paham dengan langkah-langkah program P3DN ini. Dan jangan malu untuk bertanya kalau ada keraguan, terakhir sebelum menutup kegiatan ini perkenankan kami Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh serta seluruh ASN mengucapkan selamat ulang tahun kepada bapak Wali Kota, semoga bapak selalu diberikan kesehatan," tutup Sekda Rida. (Ul)