Punya Utang Rp12 Juta di Kampung, Pria Ini Nekat Bobol Mesin ATM -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Punya Utang Rp12 Juta di Kampung, Pria Ini Nekat Bobol Mesin ATM

Jumat, 17 Juni 2022

Tersangka berhasil diamankan


TANGERANG - Seorang pria berinisial ASR (32) hampir saja diamuk massa karena ketahuan tengah mencoba membobol sebuah mesin ATM di sebuah mini market di Jalan Raya Kresek, Kecamatan Sukamulya, Kebupaten Tangerang.


"Pelaku saat sedang beraksi tertangkap tangan oleh warga sekitar. Akhirnya warga langsung menghubungi kami dan pelaku langsung diamankan untuk menghindari amukan warga," ujar Kapolsek Balaraja, Kompol Yudha Hermawan, Jumat (17/6/2022),sebagaimana dikutip okezone.com.


Saat diperiksa, pria asal Sumatera Selatan ini mengakui perbuatannya itu dan langsung dibawa ke Mapolsek Balaraja untuk proses penyelidikan. Pelaku mengaku bahwa dia memiliki utang sebesar Rp12 juta di kampung halamannya.


"Pelaku punya utang cukup besar makanya ia membobol ATM dengan cara mengganjal lobang tempat masuk kartu dengan plastik dan lem," lanjutnya.


Modus yang digunakan pelaku adalah modus lama, yaitu mengganjal lubang tempat masuk kartu. Pelaku memanfaatkan kondisi para korban yang sedang panik, dan akan diarahkan untuk melaporkan ke pihak bank. Saat korban lengah, pelaku lainya masuk dan melakukan eksekusi terhadap kartu ATM yang sudah tersangkut di mesin.


"Pelaku langsung menguras ATM korban dan segera meninggalkan lokasi untuk menghilangkan jejak," ungkapnya.


Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti lem, potongan plastik bekas bolot air mineral, tusuk gigi dan beberapa buah kartu ATM.


Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku diganjar Pasal 363 KUHP dab Pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas 5 tahun.(*)