Laboratorium Terpadu UNP Berstandar Internasional -->

Iklan Atas

Laboratorium Terpadu UNP Berstandar Internasional

Senin, 20 Juni 2022

 

.

Padang - Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang (UNP), berhasil mendapatkan Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan No. LP-1641-IDN yang diterbitkan oleh KAN pada tanggal 25 Mei 2022. 


Laboratorium Terpadu  UNP berhasil meloloskan 11 jenis pengujian dengan metode uji Internasional dan Nasional seperti ASTM, BS dan SNI. 


Jenis pengujian yang diakreditasi meliputi Pengujian Batubara (kadar air, nilai kalori, zat terbang, kadar abu, kandungan sulfur), Pengujian Kuat Tekan Beton, Pengujian Tarik, Pengujian Kekerasan Bahan Brinell, Rockwell, Micro-Vickers dan Pengujian  X-Ray Diffraction (XRD).


Dengan status akreditasi laboratorium pengujian, maka kompetensi pengujian yang  dilakukan oleh Laboratorium Terpadu UNP diharapkan dapat memberikan layanan pengujian bahan dengan baik untuk kalangan civitas akedemika UNP, sedangkan untuk layanan industri dan masyarakat pada umumnya. Ini merupakan suatu bentuk komitmen dari Universitas Negeri Padang dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Negeri Padang.


Ketua Laboratorium Terpadu UNP Andril Arafat, ST, M.Eng, Ph.D menyatakan, bahwa perolehan akreditasi Laboratorium Pengujian ini merupakan jalan panjang berliku mulai dari persiapan dokumen, peralatan hingga asesmen. 


Dengan dukungan penuh dari Pimpinan UNP dan kerja keras semua tim laboratorium, serta fasilitasi pendampingan dari BSN, akreditasi ini dapat diraih. 


"Laboratorium Terpadu UNP merupakan perguruan tinggi pertama yang meraih akreditasi untuk wilayah Sumatera bagian tengah prestasi ini merupakan sebuah tantangan bagi Laboratorium Terpadu UNP dalam menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO/IEC 17025:2017 untuk Laboratorium Pengujian. Kita juga sedang menyiapkan beberapa pengujian lainnya untuk diajukan penambahan ruang lingkup" ujarnya.


Dalam hal ini, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan apresiasi kepada semua tim Laboratorium Terpadu UNP yang sudah bekerja keras sehingga Akreditasi ini bisa diraih. “Alhamdulillah, satu satunya laboratorium dengan peralatan-peralatan pengujian yg sudah terakreditasi ISO 17025 dimiliki oleh UNP. Terima kasih kepada semua tim yg telah bekerja keras sehingga perjuangan ini akhirnya kita dapatkan” ujar Rektor UNP Prof Ganefri.


Menurutnya, dengan pencapaian ini akan menambah percaya diri dan kekuatan UNP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) baru dan turut andil dalam menyongsong World Class University (WCU) yang dicanangkan oleh UNP.


Kepala LP3M UNP Prof. Dr. Jamaris, M.Pd menyampaikan, setelah memperoleh sertifikat akreditasi ini, Laboratorium Terpadu UNP sudah mulai menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk melakukan pengujian sampel di Laboratorium Terpadu UNP dan sudah ada beberapa perusahaan dan industri yang menyatakan kesediaannya untuk melakukan perjanjian kontrak pengujian dengan Laboratorium Terpadu UNP. (Hms Unp)