Rektor ITP Terpilih sebagai Ketua APTISI Wilayah X-A -->

Iklan Atas

Rektor ITP Terpilih sebagai Ketua APTISI Wilayah X-A

Kamis, 23 Juni 2022
.
Padang – Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T. terpilih menjadi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah X-A periode 2022 – 2026.Terpilihnya Rektor ITP ini, berlangsung dalam Musyawarah Wilayah ke VI yang diadakan di UPI Convention Center, Rabu (23/06/2022).
Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Barat, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Ketua Umum APTISI Pusat, Ketua Yayasan PTK, Pimpinan Yayasan, dan Pimpinan Wilayah X-A.

Hendri menjelaskan, ada beberapa isu yang dibahas diantaranya peningkatan kualitas perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat. “Dari 92 PTS di Sumbar yang betul-betul baik secara pendapatan maupun roda organisasi pendidikan tinggi tidak sampai 30 persen. Sementara 70 persen itu jumlah mahasiswa masih di bawah seribu orang. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi di Sumbar yang jumlah mahasiswanya nol atau tidak ada sama sekali. Ada juga empat puluh orang mahasiswa,” tutur Hendri.

Sementara itu, untuk visi ke depan akan dilakukan perubahan terhadap visi yang sudah ada yaitu bagaimana bisa menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional atau “World Class University” tahun 2040. Hal itu sudah berjalan di tahun 2022, maka visi tersebut akan dikembangkan menjadi 2050 bagaimana membawa perguruan tinggi di Sumbar ini menjadi World Class University. Program kerjanya bagaimana kemudian bisa mengangkat kualitas dan kuantitas PTS yang ada di Sumbar.

Hendri menginginkan adanya peningkatan terhadap kualitas perguruan tinggi di Sumbar yang harus dikawal secara bersama-sama. Pihaknya akan menumbuh kembangkan dan menyosialisasikan kepada rekan-rekan dari PTS yang lainnya.

Sementara itu Ketua APTISI Wilayah X-A sebelumnya, Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd. menyampaikan, salah satu syarat menjadi seorang Ketua APTISI itu adalah mampu mengatasi persoalan yang ada di PTS, karena PTS memiliki tantangan tersendiri, diantaranya jumlah mahasiswa, akreditasi yang masih rendah, dan berbagai persoalan lainnya. Harapannya Ketua terpilih mampu untuk mengatasi persoalan ini nantinya.

Zulfa menjelaskan rapat pemilihan pejabat ketua sudah mulai dilakukan pada 11 Desember 2020 yang dilakukan secara “daring” dan lengkap dihadiri pengurus serta dibuka oleh Ketua Umum Budi Djatmiko.

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Nomor 77/SK/PP-APTISI/XII/2020 tanggal 14 Desember 2020 keluarlah Penetapan Pejabat Ketua. Namun karena Pandemi Covid-19 yang masih mengganas sampai Desember 2021, maka rapat tatap muka langsung baru dilaksanakan pada 21 Januari 2022 di Kampus UPI YPTK di Gedung UPI Convention Center.

(nad/humas)

 |