Setelah Dua Minggu Ditutup Pasar Ternak Batusangkar Kembali Dibuka -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Setelah Dua Minggu Ditutup Pasar Ternak Batusangkar Kembali Dibuka

Rabu, 01 Juni 2022

Pasar Ternak Batusangkar di Nagari Cubadak

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pasar Ternak Batusangkar yang terletak di Nagari Cubadak akan kembali dibuka, setelah ditutup selama dua minggu sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan masuknya wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK), pada Kamis besok, (2/6/2022) dengan menerapkan protokol Biosecurity. 


Hal itu disampaikan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Datar Varia Warvis, Rabu (1/6), Pasar Ternak Batusangkar dibuka kembali karena ternak yang sebelumnya terpapar PMK, telah melewati masa inkubasi bagi ternak itu sendiri. 


"Masa inkubasi bagi ternak terpapar PMK itu adalah dua minggu, dan sapi yang terdampak telah melewati masa itu, maka sebelum dibuka maka dilakukan sterilisasi di area pasar," kata Varia Darwis. 


Varia menjelaskan, untuk tetap mengantisipasi penyebaran virus PMK di Pasar Ternak Batusangkar dan Tanah Datar, dilakukan terlebih dahulu pembersihan dan disinfektan sebelum dan sesudah hari Pasar di seluruh area Pasar Ternak. 


"Untuk ternak yang masuk Pasar Ternak Batusangkar yang berasal dari luar Kabupaten Tanah Datar, wajib dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal, serta wajib diperiksa sebelum memasuki Pasar Ternak Batusangkar," terangnya. 


Varia tambahkan, untuk ternak yang berasal dari dalam kabupaten wajib dilakukan pemeriksaan pada pos pemeriksaan utau pintu masuk Pasar Ternak. 


Sedangkan bagi ternak yang memiliki gejala atau dianggap terkena PMK, sesuai hasil pemeriksaan dari petugas medik veteriner dan paramedik veteriner, tidak diizinkan memasuki lokasi Pasar Ternak dan harus meninggalkan lokasi.


"Jadi besok akan dilakukan pemeriksan kesehatan ternak, akan diperiksa sebelum memasuki pasar," jelas Varia Darwis. (F12)