Terdeteksi Ajaran Khilafatul Muslimin di Sumbar, Pusatnya Ada di Padang -->

Iklan Atas

Terdeteksi Ajaran Khilafatul Muslimin di Sumbar, Pusatnya Ada di Padang

Kamis, 16 Juni 2022
Kapolda Sumbar rjen Pol Teddy Minahasa Putra.


Padang – Ajaran Khilafatul Muslimin terdeteksi di Sumatera Barat (Sumbar), Polda melakukan langkah persuatif terhadap pengikutinya, agar tidak melakukan kegiatan provokatif.


Hal itu dibenarkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. “Data detailnya saya tidak tahu pasti. Ada di handphone saya. Sementara ada di beberapa kota. Pusatnya salah satunya di Kota Padang,” ujarnya usai kegiatan pemusnahan barang bukti sabu di Polres Kota Bukittinggi, Rabu (15/6/2022).


Meski begitu, Kapolda tidak bisa merinci berapa jumlah pasti pengikut ajaran tersebut. Namun, yang jelas, kegiatan pengikut kelompok itu salah satunya terpusat di Kota Padang.


Dia menuturkan, Polda Sumbar telah melakukan langkah persuasif terhadap pengikut Khilafatul Muslimin di Sumbar. Tujuannya agar pengikut kelompok ini tidak melakukan kegiatan provokatif.


“Dan alhamdulilah, kelompok ini kooperatif dan mengikuti apa yang kita mau. Agak berbeda dibandingkan dengan provinsi lain,” jelasnya.


“Saya lakukan langkah persuasif kepada mereka agar tidak melakukan gerakan-gerakan atau langkah langkah yang provokatif seperti yang telah viral di daerah lain,” imbuhnya.


Teddy mengungkapkan, dirinya tidak akan sungkan-sungkan dan menindak tegasnya apabila pengikut Khilafatul Muslimin melakukan kegiatan provokatif di Sumbar.


“Apabila itu dilakukan, saya pun mungkin akan menerapkan hukum yang lebih keras daripada Polda lain,” tegasnya.(ab)