Tiba Lebih Cepat, Jamaah Haji RI Terdepan di Arab Saudi -->

Iklan Atas

Tiba Lebih Cepat, Jamaah Haji RI Terdepan di Arab Saudi

Sabtu, 04 Juni 2022

 

Ilustrasi


MADINAH - 358 jamaah haji Indonesia tiba di Madinah lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya.


Jamaah haji Indonesia kloter pertama ini diberangkatkan dari embarkasi Solo (SOC 1) tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 08.58 waktu Arab Saudi (WAS). Sebelumnya, jamaah haji Indonesia dijadwalkan tiba di Madinah pada pukul 09.25 WAS, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Selain lebih cepat, ternyata jamaah haji Indonesia menjadi jamaah haji pertama di dunia yang datang ke Arab Saudi.


"Mungkin secara resmi seluruh dunia karena kegiatan haji sendiri secara resmi baru dimulai sekarang. Kalau ada jamaah dari negara lain yang datang mungkin itu bukan yang secara resmi diorganisasi kan seperti jamaah kita sekarang," ujar Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Bandara Madinah, Sabtu (4/6/2022).


Abdul Aziz berharap jamaah asal Indonesia bisa melakukan ibadah dengan baik selama di Tanah Suci.


"Kita harapkan mereka menjadi haji yang mabrur," harapnya.


Pada hari ini, tujuh kloter yang berasal dari lima Embarkasi yakni Embarkasi Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Padang, Surabaya dijadwalkan tiba di Madinah.


Mereka berjumlah sebanyak 2.776 jamaah haji. Untuk musim haji tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota 100.051 orang beserta 1.905 petugas.


Deputi Menteri Haji untuk Kerajaan Arab Saudi Abduraahman Al Bejawi mengungkapkan, pihaknya sudah terbiasa dan profesional dalam menangani jamaah haji. Terlebih, ujar dia, jamaah haji yang datang tidak sebanyak sebelum adanya pandemi.


"Kita akan berusaha insya Allah haji tahun ini menjadi haji yang sukses," ujar dia.(*)