Wabup Risnawanto Dampingi Gubernur Mahyeldi Tinjau Teluk Tapang dan PTPN IV Kebun Timur  -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wabup Risnawanto Dampingi Gubernur Mahyeldi Tinjau Teluk Tapang dan PTPN IV Kebun Timur 

Rabu, 15 Juni 2022

 

Wabup bersamaan Gubernur Saat Peninjauan Jalan Menuju Keteluk Tapang dengan Kondisi Jalan Yang Rusak. JD


Pasbar, fajarsumbar.com ---


Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto bersama stakeholder terkait mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah beserta rombongan, Rabu (15/6/2022).


Kunker tersebut beragendakan kunjungan ke Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis dan kunjungan ke PTPN IV Kebun Timur perbatasan Sumbar dan Sumut.


Dalam peninjauan, Gubernur Mahyeldi Ansharullah melihat kesiapan Teluk Tapang dalam mengekspor biji besi nantinya. Ia juga meninjau standart kapal yang membawa CPO dari PTPN IV maupun dari perusahaan lainnya. Pembangunan terus dilakukan hingga tahun 2024 nantinya. Sehingga Teluk Tapang nantinya akan menjadi pelabuhan strategis di Sumbar khususnya di Pasbar.


"Kita ingin melihat bagaimana kesiapan Teluk Tapang untuk melaksanakan ekspor biji besi nantinya. Kita juga melihat standar kapal yang membawa CPO dari perusahan-perusahaan. Sebab tahun ini hingga 2024 nanti akan terus dilanjutkan pembangunan jalan ini. Kan jaraknya ada 45 km, sudah dibangun 20 km dan sisanya 25 km lagi", jelas Gubernur Mahyeldi.


Hal serupa disampaikan Wabup Risnawanto, yang menegaskan akan mengupayakan untuk melanjutkan pembangunan akses pelabuhan beserta sarana dan prasarana penunjang. Selain PUPR dan Bappeda, nantinya akan dilibatkan Dinas Perhubungan Pasbar dalam koordinasi dan membantu terlaksananya pembangunan.


Ia berharap sinergi yang dijalin Pemkab Pasbar, Pemprov Sumbar dan Pemerintah pusat tetap terjalin baik demi perkembangan pembangunan di Pasbar.


Hal serupa disampaikan Kadis PUPR Jhon Edwar, bangunan pelabuhan teluk tapang harus dituntaskan untuk mendukung pelayanan di pelabuhan tersebut.


"Pembangunan itu sangat diperlukan agar pelayanan di pelabuhan dapat terlaksana dengan baik. Pembangunan kantor, center pelayanan beserta foldingnya. Termasuk nanti bangunan yang mendukung pelabuhan tersebut", ujarnya.


Selain meninjau areal pelabuhan Teluk Tapang, Wabup Risnawanto beserta Gubernur Mahyeldi dan rombongan juga mengunjungi PTPN IV Kebun Timur yang berbatasan dengan Sumatera Utara dengan medan berat yang dilalui. 


Rombongan Pemkab Pasbar dan Pemprov tersebut mendatangi PTPN IV Kebun Timur dengan tujuan menjalin kerjasama membuka jalur Teluk Tapang hingga PTPN IV. Sebab akses pelabuhan Teluk Tapang - Bunga Tanjung selesai masa tender dan diperkirakan berlangsung hingga 2 tahun. 


Keberadaan PTPN IV yang lokasinya tidak jauh dari Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara, akan memberi dampak positif bagi perekonomian kedua belah pihak. Akses Teluk Tapang memudahkan distribusi hasil perkebunan dan pertambangan yang ada di Pasbar, dan memudahkan distribusi hasil bumi perekonomian masyarakat Sumatera Utara bagian selatan.JD