Yuniri Yunirman : Peran Aktif Masyarakat Atasi Masalah Kesehatan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Yuniri Yunirman : Peran Aktif Masyarakat Atasi Masalah Kesehatan

Rabu, 29 Juni 2022
Yuniri Yunirman 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, Pemko Payakumbuh menggelar Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (germas) di Aula Ampangan, Rabu (29/06).


Kegiatan tersebut menghadirkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bappeda Sumbar, TP-PKK Kota Payakumbuh, OPD, Camat dan Kapus se-Kota Payakumbuh.


Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Yuniri Yunirman mengatakan, untuk mewujudkan hak semua masyarakat atas kesehatannya, diperlukan peran aktif semua lintas sektor.


"Kita optimis, segala permasalahan yang ada di masyarakat bisa segera diatasi. Dengan sejalannya target yang ditetapkan pemerintah kepada masing-masing OPD, ini bisa mencapai hasil yang optimal," katanya.


Dia menyebut, dengan meningkatnya penyakit menular belakangan ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap penyakit tidak menular yang bisa membahayakan diri sendiri yang di akibatkan pola hidup tidak sehat.


"Makanya kita selalu mengingatkan, kurangi kebiasaan yang kurang baik. Seperti merokok, kurang aktifitas dan sebagainya. Yangmana semua itu bisa kita atasi dengan perilaku hidup sehat dan bersih," terangnya.


Lebih lanjut Yuniri menjelaskan, dengan sosialisi germas tersebut, bisa meningkatkan pengetahuan semua OPD dan lintas sektor terhadap gerakan masyarakat hidup sehat itu. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia khususnya kesehatan.


"Harapan kita tentu peran lintas sektor dan OPD ini bisa meningkat. Dan terpenuhinya hak semua masyarakat terhadap pelayanan kesehatan," pungkasnya.


Terakhir, seluruh peserta sosialisali melaksanakan penanda tanganan komitmen bersama pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) di Kota Payakumbuh.(Ul)