Zelensky Desak Sekutu Ukraina Segera Kirim Senjata Berat -->

Iklan Atas

Zelensky Desak Sekutu Ukraina Segera Kirim Senjata Berat

Kamis, 23 Juni 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.


KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky mendesak negara-negara sekutu Ukraina untuk mempercepat pengiriman senjata berat untuk menandingi Rusia dalam pertempuran. Desakan itu disampaikan Zelensky di tengah serangan udara dan artileri besar-besaran Rusia di seluruh wilayah Donbass, Ukraina timur.


"Kami harus membebaskan wilayah kami dan mencapai kemenangan, tetapi dengan lebih cepat, jauh lebih cepat," katanya dalam pidato video yang dirilis Kamis (23/6/2022) pagi.


"Ada serangan udara dan artileri besar-besaran di Donbass. Tujuan penjajah di sini tidak berubah, mereka ingin menghancurkan seluruh Donbass secara bertahap," kata dia, sebagaimana dikutip okezone.com.


"Itulah kenapa kami menekankan lagi dan lagi agar pengiriman senjata ke Ukraina dipercepat. Yang kami butuhkan segera adalah kesetaraan di medan tempur untuk menghentikan armada jahat ini dan mengusirnya ke luar perbatasan Ukraina," kata Zelensky.


Semakin beratnya pertempuran di Donbas terlihat dari laporan kantor berita Tass yang mengutip kelompok separatis pro-Rusia.


Mereka mengeklaim telah merebut sebagian besar Vovchoyarivka, sebuah desa yang berjarak 12 km dari Kota Lysychansk.


Jika klaim itu benar, Lysychansk berada dalam ancaman besar terkepung oleh pasukan Rusia.


Ketika pertempuran sengit berlangsung di Donbass, pasukan Rusia terus menghantam kota terbesar kedua Kharkiv di dekat perbatasan dengan Rusia.


Serangan Rusia pada Selasa (21/6/2022) dan Rabu (22/6/2022) di Kharkiv menjadi yang terbesar dalam beberapa pekan terakhir.


Kota itu sempat menjalani kehidupan normal sejak Ukraina memukul mundur pasukan Rusia bulan lalu.


Pemerintah Ukraina menilai serangan di Kharkiv, yang dikabarkan telah membunuh setidaknya 20 orang, sebagai langkah Rusia untuk memaksa Ukraina menarik pasukannya dari medan-medan pertempuran utama di Donbass guna melindungi warga sipil.


"Penjajah Rusia tidak berhenti membombardir warga sipil," kata Gubernur Wilayah Kharkiv Oleh Synehubov di aplikasi pesan Telegram.


"Ini adalah bukti bahwa kami tak bisa mengharapkan skenario yang sama seperti di Chernihiv atau Kiev, di mana pasukan Rusia mundur di bawah tekanan," kata dia sebagaimana dilansir dari Antara.


Pertempuran di Kota Severodonetsk, garis depan di wilayah timur di mana ratusan warga sipil terperangkap di sebuah pabrik kimia, diwarnai saling klaim antara Ukraina dan Rusia sebagai penguasa kota itu.


Gubernur wilayah Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan pada Rabu malam bahwa pasukan Rusia terus menambah tentara di Severodonetsk untuk mengepung tentara Ukraina.


Dia menolak klaim Rusia bahwa militernya telah mengendalikan kota itu.


"Pertempuran masih berlangsung," kata dia di televisi Ukraina. "Pasukan Rusia tidak punya kendali penuh."


Rusia mengatakan tentara Ukraina di Severodonetsk terjebak. Moskow pekan lalu memerintahkan mereka untuk menyerah atau mati setelah jembatan terakhir di atas Sungai Seversky Donets dihancurkan.


Di Rusia, api terlihat membakar sebuah kilang minyak yang jaraknya hanya 8 km dari wilayah Donbass yang dikuasai kelompok separatis pro-Rusia.


Pengelola kilang menggambarkan insiden itu sebagai serangan lintas batas oleh dua pesawat nirawak pada Rabu.


Belum ada komentar dari pihak Ukraina tentang serangan itu. Kiev biasanya tidak mengomentari laporan serangan terhadap infrastruktur Rusia di dekat perbatasan, yang pernah mereka sebut sebagai "karma" atas serangan Rusia di Ukraina.


Di bidang diplomatik, para pemimpin Eropa pada Kamis akan memutuskan secara formal tentang keanggotaan Ukraina di Uni Eropa (UE) dalam pertemuan puncak di Brussels, Belgia.


Meskipun hanya simbolis, langkah itu akan membantu mengangkat moral rakyat Ukraina setelah empat bulan terlibat konflik berdarah yang telah menewaskan ribuan orang, mengusir jutaan lainnya dan menghancurkan kota-kota.


Rusia telah lama menentang kedekatan Ukraina, negara pecahan Uni Soviet, dengan kelompok negara Barat seperti Uni Eropa dan aliansi pertahanan NATO.


Zelensky mengaku telah berbicara dengan 11 pemimpin UE pada Rabu tentang keanggotaan Ukraina dan akan melakukan pembicaraan lebih banyak pada Kamis.


Sebelumnya dia mengatakan dirinya yakin 27 negara anggota UE akan mendukung keanggotaan Ukraina.


"Kami pantas mendapatkannya," kata Zelensky kepada masyarakat Amsterdam lewat tautan video.


Para diplomat mengatakan Ukraina perlu waktu satu dekade atau lebih untuk memenuhi kriteria menjadi anggota UE. Namun para pemimpin UE mengatakan blok itu harus menunjukkan iktikad untuk mengakui pengorbanan Ukraina.


Perang di Ukraina telah berdampak sangat besar pada ekonomi global dan keamanan Eropa.


Kenaikan harga gas, minyak dan pangan telah mendorong UE untuk mengurangi ketergantungan mereka yang besar pada energi Rusia.


Perang itu juga telah mendorong Finlandia dan Swedia untuk mengajukan keanggotaan NATO.(*)