33 Jemaah Calon Haji Bone Bolango Diberangkatkan ke Tanah Suci -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

33 Jemaah Calon Haji Bone Bolango Diberangkatkan ke Tanah Suci

Jumat, 01 Juli 2022

Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Wakil Bupati Merlan S. Uloli melepas 33 JCH di Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.


GORONTALO  - Bupati Bone Bolango Hamim Pou resmi melepas sebanyak 33 Jemaah Calon Haji (JCH) di Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Selain melepas JCH juga mendapatkan tali asih dari pemerintah.   


"Dengan sangat ikhlas kami melepas dan memberangkatkan bapak dan ibu untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah," ucap Bupati Hamim Pou, Kamis (30/6/2022). Hamim berharap sebanyak 33 JCH dari Bone Bolango dilancarkan dalam menjalankan seluruh rukun dan wajib haji tersebut. Ia pun mendoakan agar seluruh JCH diberi kesehatan kemampuan dan kesabaran sepanjang prosesi haji, sebagaimana dikutip iNews.id.


Bupati juga berpesan agar para JCH untuk jangan lupa selalu patuhi apa yang menjadi arahan pembina maupun pembimbing. Sebisanya bergerak bersama sama, jangan jalan sendiri, dan hafal titik-titik yang dilewati. 


"Sekali lagi Bismilah bapak dan ibu, kami melepas dengan tulus dan penuh doa. Kami titip doakan agar daerah ini aman damai, masyarakatnya adil dan makmur. Semoga mendapat predikat haji mabrur dan pulang dengan selamat, pulang kembali bertemu dengan keluarga," ucap Bupati Hamim Pou.


Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Merlan Uloli menyerahkan tali asih kepada para JCH asal Bone Bolango tersebut.


Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Bone Bolango, Arfan A Tilome, menyebutkan JCH asal Bone Bolango yang berangkat tahun ini merupakan JCH kuota tahun 2020. Sedianya yang akan berangkat sesuai data tahun 2020 adalah 98 orang jemaah.  


Tetapi ketika dibuka pintu haji tahun 2022 ini dengan sejumlah pembatasan, maka kita memperoleh kuota awalnya 35 jemaah. Namun dua jamaah mengundurkan diri karena sakit dan ingin menunggu orang tuanya tertunda supaya bisa sama-sama berangkat haji tahun depan, sehingga yang berangkat tahun ini sejumlah 33 jemaah, terdiri dari 11 jamaah laki-laki dan 22 jamaah perempuan. 


“Berdasarkan pekerjaan dari 33 JCH kita, yakni ASN 14 jemaah, pensiunan lima orang, wiraswasta tujuh orang, pedagang dua orang, petani/nelayan satu orang, ibu rumah tangga empat orang. Untuk usia, jamaah tertua 63 tahun 11 bulan, dan termuda 29 tahun," sebut Arfan.(*)