700 Siswa Payakumbuh Terima Dana Pendidikan dari Baznas -->

700 Siswa Payakumbuh Terima Dana Pendidikan dari Baznas

Rabu, 20 Juli 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Mewujudkan Payakumbuh yang cerdas dan berkarakter, Baznas Payakumbuh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh salurkan zakat Beasiswa Payakumbuh Yang Cerdas dan Berkarakter untuk 700 peserta didik baru. Penyerahan dilaksanakan di GOR Batang Agam, Selasa(19/07/2022) pagi. 


Zakat Pendidikan diperuntukkan bagi siswa kelas 1 SD dan kelas 7 SMP negeri di Kota Payakumbuh yang tergolong dalam asnaf yang delapan. Disalurkan Rp.385.000.000,- dengan rincian siswa SD sebanyak 350 orang dan siswa SMP sebanyak 350 orang, masing-masing peserta didik SD menerima zakat sebesar Rp.500.000. Sedangkan peserta didik SMP menerima zakat sebesar Rp.600.000,-.


Penyaluran zakat pendidikan diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, bersama Kepala Dinas Pendidikan, Dasril dan Ketua Baznas Hamdi Sofyan beserta jajaran Baznas Payakumbuh, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Dinas Pendidikan. Ikut hadir UPZ tingkat TK, SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP negeri swasta se-kota Payakumbuh serta walimurid penerima zakat.


Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa penyaluran ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pemko Payakumbuh melalui Baznas Payakumbuh terhadap pendidikan. Terkhusus peserta didik yang ekonomi kurang mampu yang pada saat ini memerlukan bantuan dalam memenuhi kebutuhan dasar sekolah dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru.


Walikota Payakumbuh berharap dengan penyaluran zakat ini dapat membantu memenuhi kebutuhan peralatan sekolah seperti alat tulis, pakaian, dan sebagainya dikarenakan dengan momen ini sangat tepat dilakukan karena kondisi memasuki tahun ajaran baru.


“Pemko sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Baznas Payakumbuh atas terselenggaranya kegiatan ini serta memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dengan dilaksanakan kegiatan ini di Gor Batang Agam karena dapat mempromosikan keberadaan Gor Olahraga kepada masyarakat Kota Payakumbuh, tentu diharapkan kedepannya sarana Gor Batang Agam dapat dimanfaatkan secara maksimal” Ujar Walikota Payakumbuh.


Disisi lain, Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril menyampaikan bahwa dari zakat yang telah terkumpul ke Baznas Payakumbuh untuk dijajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, diharapkan 60% dapat disalurkan kembali kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang termasuk dalam asnaf yang delapan untuk menunjang pendidikan.


Kadis berharap kepada siswa dan orangtua penerima zakat agar dana yang diterima dapat dipergunakan tepat sasaran bagi siswa.


Adalah Afrizon Efendi, ayah dari Muhammad Yazid, siswa salah satu SDN di kelurahan Ompang Tanah Sirah mengaku sempat kewalahan mencari GOR Batang Agam, ini. 


Sudah 4 kali saya bertanya kepada warga terkait keberadaan GOR ini, ada yang menunjukkan GOR Masri M, GOR H. Id, dan sebagainya. Akhirnya saya temukan juga, dan sempat terlambat. Terkait beasiswa pendidikan ini, saya ucapkan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh dan Baznas. Dana ini sangat berarti bagi kami. Dua orang anak sedang giat sekolah,"ungkapnya.


Penyerahan dana zakat pendidikan ini dimeriahkan dengan tari dari grup seni SDN 61 Payakumbuh dan Grup Kesenian Tari SMPN 9 Payakumbuh (pemenang FL2SN tingkat SD dan SMP di Kota Payakumbuh).ul