Brilink Menggeliat, Jadi Alasan Banyak Cabang BRI Ditutup ? -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Brilink Menggeliat, Jadi Alasan Banyak Cabang BRI Ditutup ?

Senin, 11 Juli 2022

JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, Sunarso, mengatakan telah mengurangi kantor cabang menjadi sekitar 8.000-an dari jumlah sebelumnya 10.600 kantor. Pengurangan itu, kata dia, seiring dengan pertumbuhan sistem digital bank.

"Sekarang temen-temen ngomong digital-digital, saya kurangi aja diam-diam, sekarang tinggal 8.000-an," kata Sunarso dalam diskusi Fortune IDN yang disiarkan secara virtual Rabu, 18 Mei 2022 lalu seperti dikutip dari Tempo.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto juga menyatakan penutupan kantor cabang juga merespons perubahan perilaku masyarakat. Akhirnya, keberadaan dan fungsi kantor cabang bank konvensional berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Di masa mendatang, lanjut Aestika, BRI akan terus fokus dalam menjalankan transformasi digital, dengan fokus pada area bisnis, transaksi, ekosistem dan proses internal.

"Pengembangan jaringan BRI akan difokuskan pada Agen BRILink, yang pada akhir Juni 2021 tercatat sebanyak 465 ribu orang dengan transaksi mencapai Rp 414 triliun," ujar Aestika seperti dilansir Tempo.

Bendang Brilink

Sejalan dengan pengembangan BRI, Pengusaha Bendang Online Khairul Huda menyambut dengan gembira transformasi BRI tersebut. Setelah sukses di Pekanbaru membuka 5 Cabang Brilink, kini meluaskan sayap ke Kabupaten Kampar, daerah penyangga Kota Pekanbaru.

Tepat tanggal 1 Juli 2022, Bendang Brilink Kubang yang berlokasi di jalan Teratak Buluh, Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau, tidak jauh dari pertigaan Kubang Jaya dan Jl. Kaharuddin Nasution resmi beroperasi.

"Bismillahirrahmaanirrahiim, dengan penuh rasa syukur alhamdulillah, hari ini Grand Opening Bendang Online Cabang Ke-6. Semoga lancar, bermanfaat untuk masyarakat dan membawa keberkahan," ungkap Founder Bendang Online Khairul Huda, di Kampar, Riau, 1 Juli 2022, saat pembukaan Bendang Online Kubang ini.

Menurut Khairul, Bendang Online Kubang merupakan yang pertama di luar Kota Pekanbaru sebelumnya sudah berdiri 5 Cabang di Kota Pekanbaru yaitu di Jl. Bukit Barisan, Jl. Harapan Raya, Jl Raya Sail, Jl. Raya Gobah dan Jl. Taman Sari.

Di 5 Cabang, Bendang Online memperkerjakan putra-putri yang berdomisili di Pekanbaru, di masing-masing cabang dikelola 3 karyawan dan hanya satu di Cabang Sail yang memperkerjakan karyawan asal kota sekitar Pekanbaru, sehingga karyawan tersebut diasramakan.

Dengan hadirnya Bendang Online, lanjut Khairul, diharapkan dapat membantu masyarakat yang mengalami hambatan untuk mengakses perbankan dan tidak mau ngantere di bank untuk keperluan setor, transfer dan kebutuhan pembayaran lainnya.

Di Bendang Online dengan layanan Brilinknya dan menjadi agen beberapa bank besar lainnya masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi keuangan.

"Dekat, Praktis dan Aman," kata Khairul, putra bungsu dari 8 bersaudara ini.

Di berbagai cabang, Bendang Online tidak saja memberikan layanan transaksi perbankan, tapi juga menyediakan kebutuhan harian untuk pulsa dan paket data selular termasuk menyediakan aksesoris handphone.