Di Padang Panjang Grill Trotoar pun Dicuri -->

Iklan Atas

Di Padang Panjang Grill Trotoar pun Dicuri

Selasa, 19 Juli 2022
Sejumlah apar PUPR Padang Panjang mengganti grill trotoar yang dicuri orang agar pejalan kaki aman.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Di tengah upaya  memberi kenyamanan bagi warga dengan penyediaan fasilitas umum (fasum), ternyata masih ada perilaku jahil dan merusak dan mencurinya. 


Beberapa waktu belakangan, grill  (besi penutup trotoar) banyak yang dicuri ora g tak dikenal.


Di sejumlah lokasi dilaporkan grill trotoar ini hilang, menyisakan lubang menganga. Kondisi ini  membahayakan nyawa pejalan kaki. 


Di Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur misalnya, ada 15 grill yang hilang.


“Rinciannya, di Jalan Agus Salim, mulai dari Fly Over hingga Simpang Hasiba, ada delapan grill yang hilang. 


Di Jalan Abu Hanifah di belakang Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, ada tujuh yang lenyap,” kata Lurah Gumala, Ilham Kusuma, Selasa (19/7).


Ilham menyebut sering mendapatkan laporan dari warga. Sehingga pihaknya menindaklanjuti dengan melaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Grill besi yang telah hilang itu, kini diganti dengan grill beton. Sehingga aman dari aksi pencurian.


“Tapi itu bukan jaminan grill trotoar ini masih aman. Karena masih banyak grill besi yang terpasang dan bakal menjadi incaran orang-orang tak bertanggung jawab,” katanya.


Sementara itu Walikota Padang Panjang, Fadly Amran juga telah mendapatkan laporan tentang ini dan sudah melakukan peninjauan ke lokasi. 


“Jika mengetahui ada orang yang membongkar dan mencuri grill trotoar, segera laporkan. Bisa lapor ke RT, lurah, LPM, ketua pemuda atau pihak berwajib. Sehingga bisa diambil tindakan,” imbaunya.


Grill itu dibuat sebagai pintu pemantau aliran air dalam drainase, sekaligus pintu masuk air tatkala hujan. Jika grill tidak ada, maka akan menyulitkan saat membersihkan sampah yang menyumbat aliran air dalam drainase. Hal ini bisa berakibat terjadinya banjir.


Plt. Kepala Dinas PUPR, Widya Kusuma, S.T, mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mendapatkan laporan tentang hilangnya grill. 


“Begitu mendapat laporan dari kelurahan, kami pasang grill beton untuk pengganti grill yang telah hilang seperti di Gumala itu,” ucapnya.


Ia mengimbau, kalau ada lokasi lain yang grillnya juga sudah hilang untuk segera melapor ke PUPR. Sehingga pihaknya dapat segera mengambil tindakan. (syam)