Dinas PKP2LH Sawahlunto Berhasil Meraup Dana Miliaran Rupiah di Luar APBD -->

Iklan Atas

Dinas PKP2LH Sawahlunto Berhasil Meraup Dana Miliaran Rupiah di Luar APBD

Rabu, 27 Juli 2022
Kepala Dinas PKP2LH Adrius Putra usai menanam pohon didampingi Kepala Cabang Bank Nagari Rusdi, Andri Maha Putra dan staf di kegiatan puncak hari lingkungan hidup se-dunia.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto berhasil meraup dana miliaran rupiah dari enam jenis anggaran di luar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) guna mengelola lingkungan hidup.


Kepala DPKP2LH Adrius Putra merinci enam jenis anggaran itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebesar Rp1,1 miliar yang dimanfaatkan untuk belanja alat angkut sampah hingga sarana dan prasarana pengolahan sampah, Rabu 27 Juli 2022.


"Jadi dari DAK KLHK itu ada truk sampah, becak motor sampah dan sejumlah kendaraan alat angkut sampah lainnya. Itu ada yang digunakan bagi operasional DPKP2LH dan sebagian diserahkan kepada Desa dan Kelurahan," ungkap Adrius Putra, Rabu (27/7/2022).


Setelah itu, sambung Adrius, CSR dari PT. PLN UPK PLTU Ombilin untuk pembuatan kanstin (material beton precast yang umumnya dipakai untuk pembatas batu jalan, taman maupun trotoar) di jalan kawasan Kandi dengan nilai total Rp150.000.000.


"Kemudian ada bantuan dari Yayasan Kehati untuk pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati Emil Salim Sawahlunto dengan total lima miliar rupiah," kata Adrius Putra lagi. 


Lebih lanjut Adrius Putra menyampaikan, untuk bantuan dari PT. Bukit Asam ada dua jenis, pertama pengadaan bibit tanaman tabebuya untuk memperindah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan total Rp75 juta.


"Kedua dengan total Rp500 juta, itu untuk pembangunan taman RTH. Direncanakan RTH ini kita bangun di belakang GPK dan di Kelok Tarok," ujar Adrius merinci.


Kemudian anggaran lainnya di luar APBD bersumber dari semua BUMN/BUMD/swasta dan perusahaan tambang di Sawahlunto yang turut berpartisipasi dalam menyediakan hadiah door prize untuk kegiatan jalan santai dan senam pagi dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2022 di Kota Sawahlunto. (ton)