Disdikpora Solsel Gelar Pelatihan Buat Soal Literasi -->

Iklan Atas

Disdikpora Solsel Gelar Pelatihan Buat Soal Literasi

Selasa, 26 Juli 2022
Kegiatan pelatihan pembuatan dan pembahasan soal-soal Literasi dan Numerasi yang bertempat di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (26/07/2022).


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Pembahasan Soal-soal Literasi dan Numerasi yang bertempat di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (26/07/2022).


Pelatihan ini yang diikuti oleh guru-guru dan siswa yang berasal dari tiga sekolah yaitu UPT SMPN 9, UPT SMPN 25 dan UPT SMPN 32 Solok Selatan yang dimulai tanggal 26 Juli hingga 27 Juli 2022.


Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Bupati Solok Selatan, H. Khairunas, yang didampingi Sekdakab, Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD. 


Menurut Bupati, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skil atau kecakapan para tenaga pendidik di Solok Selatan, karena pendidikan merupakan elemen penting dan prioritas dalam Visi dan Misi Pemerintah Daerah. Untuk itu, harus diikuti dengan sebaik-baiknya oleh semua peserta dan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.


“Guru-guru kita di Solok Selatan harus bisa beradaptasi dengan teknologi informasi, jangan sampai ada guru yang belum melek teknologi, seperti mengoperasikan Komputer,” tegas Bupati.


Selain itu, Pemkab juga memberikan dukungan penuh dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pendidik, kependidikan dan siswa di Kabupaten Solok Selatan. Karena untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas dan punya daya saing, diharapkan dengan pelatihan ini, para kepala sekolah dan guru agar dapat mengembangkan diri dan meningkatkan pengetahuan dalam mengelola Pendidikan, pungkas Bupati.


Sementara itu, Kepala Disdikpora, Syamsuria, S.Pd, MM mengatakan melalui pelatihan diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara membuat soal berbasis AKM yang tepat serta dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dari tenaga pendidik.


Menurut Sekretaris Disdikpora, Asniati Darfis, menuturkan bahwa kegiatan ini difokuskan untuk tiga Sekolah Penggerak yang sudah melewati tahap asesmen. Tiga Sekolah tersebut juga mendapat alokasi anggaran khusus dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, sehingga mampu melahirkan guru-guru yang cakap dan handal serta mampu menularkan ilmu tersebut kepada guru-guru lain dan tentu saja kepada siswa di sekolah masing-masing.

.

Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Dr. Arnellis, M.Si, yang merupakan dosen Matematika FMIPA UNP Padang, pembina olimpiade matematika tingkat Provinsi Sumatera Barat, fasilitator guru penggerak.(Abg)