Disdukcapil Pessel Berikan Pelayanan Adminduk Digital -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Disdukcapil Pessel Berikan Pelayanan Adminduk Digital

Jumat, 08 Juli 2022
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Evafauza Yuliasman


Pesisir Selatan - Sistem digitalisasi agar pelayanan kependudukan dapat terkoneksi daring secara nasional mendapatkan apresiasi oleh masyarakat.


Demikian disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Evafauza Yuliasman, Jumat (8/7) terkait terobosan yang dilakukan Direktur Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) RI tersebut.


Dia menyampaikan walau penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat melalui digitalisasi itu sudah diterapkan, namun layanan secara manual kepada masyarakat masih tetap dilakukan petugasnya.


"Pelayanan manual ini tetap kita lakukan, sebab Kita menyadari belum semua masyarakat bisa mengakses pelayanan adminduk secara digital. Jadi masyarakat tidak perlu ragu dalam mendapatkan fisik KTP elektronik, KK, dan lainnya dari petugas Kantor Dukcapil dan Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan," katanya.


Dijelaskannya bahwa SIAK Terpusat merupakan salah satu terobosan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil untuk membahagiakan masyarakat.


"Sebab sistem SIAK Terpusat ini lebih efisien dari segi sistem keamanan siber, serta dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan lebih cepat, dan ini patut mendapat apresiasi dari masyarakat," tutupnya. (*/wandy)