Di Tengah Keberagamaan, Kelurahan Nunang Daya Bangun Tumbuh Pesat -->

Di Tengah Keberagamaan, Kelurahan Nunang Daya Bangun Tumbuh Pesat

Sabtu, 02 Juli 2022
Diskusi Secangkir Kopi 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Meminimalisir angka kerawanan dan menjaga Kamtibmas di lingkungan Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Lurah Ari Ashadi ajak keterlibatan seluruh masyarakat.


Diakui Ari Ashadi dalam sebuah Diskusi Secangkir Kopi (Disangko), sejak 3 tahun terakhir, kelurahan NDB mengalami pertumbuhan dan perubahan yang sangat pesat, sangat signifikan. Terutama dalam hal Kamtibmas.


Diakui Lurah Ari Ashadi, situasi dan kondisi lingkungan selama 3 tahun belakangan ini tumbuh harmonisasi ditengah keberagaman suku dan ras.


"Seluruh elemen masyarakat bersama memajukan kampung NDB ini. Semoga kedepannya Nunang Dayabangun semakin maju dan keharmonisan selalu terjaga
Hantar Lurah Nunang Daya Bangun.


Selain perangkat kelurahan, diskusi secangkir kopi yang digelar di RT 03 RW 04, Jumat (01/07/2022) tampak dihadiri tokoh masyarakat kelurahan Nunang Daya. Diskusi malam itu mengapungkan tema "Optimalisasi Fungsi Siskamling Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di NDB".


Pertumbuhan pembangunan di kelurahan Nunang Daya Bangun ikut diakui Ketua LPM, Fahman Rizal Lubis.


"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersemangat bersama-sama memajukan kampung untuk lebih baik lagi. Bersama-sama dengan Luak Ari Ashadi dan jajaran kelurahan serta perangkat RT RW Karang Taruna serta organisasi kelembagaan yang telah secara bersama-sama bekerja menjaga keharmonisan situasi kondisi tetap selalu kondusif di lingkungan NDB yang heterogen,"ungkap Fahman.


"Kelurahan Nunang Dayabangun sejak 3 tahun terakhir ini tumbuh sangat drastis. Terjadi perubahan dalam sisi positif seperti terbangun kembali rasa kegotongroyongan, demokrasi musyawarah mufakat, ketertiban keamanan dan keberagaman yang selalu terjaga. Jujur kami rasakan semenjak pandemi Covid-19 masuk pertama kali di Kota Payakumbuh, dan kasus pertama ditemukan di Kelurahan NDB. Tokoh masyarakat bersama masyarakat serta Lurah beserta perangkat kelurahan bahu membahu, saling support memberikan pelayanan terbaik untuk Nunang Daya Bangun. Hingga terbebas dari penularan Virus Covid-19," tukas Ketua LPM Fahman Rizal.


Kompol Russirwan, salah seorang tokoh masyarakat NDB yang pada malam Diskusi Secangkir Kopi tampak didampingi Babinkamtibmas Aiptu Erwin Chaniago, Aipda Linus Aipda Hari, Bripka Yudi Eka Putra selaku Ketua Keamanan lingkungan, menyebut malam Disangko kala ini bersama dengan HUT Bhayangkara ke 76. Dan pada malam itu dilakukan perayaan sederhana ditandai dengan pemotongan sebuah kue. Warga berdoa, semoga Polri semakin berjaya dan dicintai oleh masyarakat.


Kompol Rusirwan mewakili institusinya mengucapkan terima kasih kepada Lurah LPM Karang taruna, RT RW Tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat NDB, atas penghargaan yang telah diberikan pada hari ulang tahun Polri  Bhayangkara ke-76, semoga harapan dan cita cita masyarakat  terealisasi.


"Sesuai dengan tema tahun ini, Polri Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,"sambut Kompol Rusirwan.


"Semoga kegiatan diskusi kita malam ini terselenggara dengan baik dan menghadirkan seluruh elemen dan perangkat di Kelurahan. Kalau dapat  diskusi kita bisa mengangkat tema berbeda sesuai situasi yang berkembang. Mari bersama kita tetap semangat menjaga situasi kamtibmas dan harmonisasi keberagaman di NDB,"pesan Russirwan yang akrab disapa Ayah.


Dibawah tenda biru lengkap dengan kursi Meri Solim, diskusi secangkir kopi kelurahan Nunang Daya Bangun berlangsung lancar dan sukses membahas permasalahan di kelurahan ini. Karena tampak keterlibatan para tokoh masyarakat yang berperan aktif di lingkungan masing-masing. Baik Ketua Karang Taruna, RT, RW, Alim ulama, Pengurus Masjid Makmur, Pengurus Remaja Mushala Baitul Ikhlas, Palanta Kantibmas, Pokdarwir Satgas NDB Bersinar, Ketua Nusa FC dan para Tokoh tokoh masyarakat se Kelurahan NDB.(ul)