Erdogan dan Putin Bakal Bertemu Lagi di Sochi, Ada Agenda Apa? -->

Erdogan dan Putin Bakal Bertemu Lagi di Sochi, Ada Agenda Apa?

Kamis, 28 Juli 2022

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.


ANKARA  – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Kota Sochi di Rusia pada 5 Agustus. Di sana, dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.  


Laman World Bulletin melansir, rencana kunjungan Erdogan itu pertama kali diumumkan Kantor Kepresidenan Turki pada Selasa (26/7/2022) lalu. Akan tetapi, sampai hari ini, kantor tersebut tidak memberikan penjelesan lebih perinci tentang agenda sang presiden di Sochi,sebagaimana dikutip iNews.id.


Kunjungan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting untuk melanjutkan ekspor gandum melalui tiga pelabuhan Ukraina.  


Sebelumnya, pengiriman gandum dari pelabuhan Ukarina terhenti karena agresi militer Rusia.Saat ini, perang tersebut sudah memasuki bulan keenam. Dengan adanya kesepakatan tersebut, ekspor gandum dari Ukraina akan segera dilanjutkan dan dikoordinasikan oleh sebuah pusat kontrol di Kota Istanbul, Turki.


Rabu (20/7/2022) pekan lalu, Erdogan menghadiri pertemuan trilateral dengan Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Kota Teheran. Para pemimpin berkumpul untuk KTT ke-7 dalam format Astana untuk membahas perkembangan terakhir situasi konflik di Suriah.(*)