Galakkan Makan Ikan, Wako Apresiasi Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Padang -->

Iklan Atas

Galakkan Makan Ikan, Wako Apresiasi Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Padang

Selasa, 26 Juli 2022
.


Padang - Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya Lomba Memasak Ikan tingkat Kota Padang Tahun 2022 yang digelar di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Selasa (26/7/2022) pagi.


Menurutnya, lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang itu, penting dilakukan sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat terutama generasi muda membudayakan gemar memakan ikan di dalam kehidupan sehari-hari.


"Lomba ini sangat tepat dilakukan, karena manfaat makan ikan ini sangat banyak. Terutama sekali memperbaiki dan meningkatkan nilai gizi makanan bagi kita. Tak hanya itu, memakan ikan juga dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan sekaligus ikan hasil tangkapan nelayan dan hasil produksi budidaya dapat terpakai, sehingga mendorong petani/nelayan semakin giat mencari ikan karena pendapatannya menjadi meningkat," ungkap Wali Kota Padang sewaktu membuka lomba yang diikuti antar perwakilan dari 11 kecamatan se-Kota Padang itu. 


Terlihat hadir di kesempatan itu Pembina Mutu Hasil Kelautan Perikanan Ahli Madya Ir. Farietmi, M.SI Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Farietmi, Kabid P2HP Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Luthfi serta Ketua Juri Lomba Masak Serba Ikan Arisman dan dewan juri lainnya.


Selanjutnya juga hadir Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa bersama Wakil Ketua Ny. Vanny Andree Algamar dan jajaran beserta Pengurus Forikan Kecamatan se-Kota Padang.


Wako milenial pun juga menyambut baik karena pada lomba masak serba ikan tersebut masing-masing kelompok peserta menyajikan beragam menu makanan hasil olahan dari berbagai jenis ikan. 


"Setelah saya cicipi tadi semuanya enak-enak, unik dan menarik. Mulai dari sup bakso ikan, risoles ikan, gulai ikan bahkan ada tadi es krim ikan yang rasanya sangat enak dan masih banyak lagi lainnya. Kita tentu berharap, hal ini juga ikut mendorong kemajuan sektor kuliner kita di Kota Padang. Karena variasi kuliner hasil olahan ikan itu cukup menjanjikan," pungkas orang nomor satu di Kota Padang itu.


Pada saat yang sama Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa menyebutkan, dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan pihaknya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan terbilang sudah menuai hasil sejauh ini.


Hal itu berdasarkan hasil survey ekonomi nasional (Susenas) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik dengan menunjukkan bahwa angka konsumsi ikan masyarakat Kota Padang pada skala rumah tangga di tahun 2020 berada pada angka 37,00 Kg/kapita/tahun meningkat menjadi 41,23 Kg/kapita/tahun pada tahun 2021.


"Artinya, rata-rata masyarakat Kota Padang makan ikan sebanyak 112,95 gram/hari. Namun demikian angka ini masih jauh dari memuaskan, karena berdasarkan animo masyarakat terhadap aneka jenis olahan ikan yang ada di Kota Padang kita yakin rata-rata yang mengkonsumsi ikan hanya lebih dari 1,5 ons/hari."


"Untuk menjawab tantangan tesebut salah satu upaya kita yaitu melalui lomba masak serba ikan kali ini. Kita berharap gaungnya sampai kemana-mana, sehingga warga Padang dimana saja berada selalu gemar memakan ikan. Apalagi mengkonsumsi ikan juga penting dalam mencegah stunting (gizi buruk) pada anak balita sejak dini," tukuk Ny. Genny bersemangat didampingi Wakil Ketua Vanny Andree Algamar. 


Seperti diketahui, pada Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Padang tahun 2022 tersebut mengangkat tema "Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan untuk Meningkatkan Gizi dan Menurunkan Angka Stunting di Kota Padang". 


Adapun untuk pemenang lomba tersebut yakni juara satu diraih Kecamatan Kuranji sehingga selain menerima hadiah berupa trophy dan tabanas sebesar Rp10 juta juga berhak mewakili Kota Padang pada lomba tingkat provinsi ke depan.


Adapun untuk juara kedua diraih Kecamatan Padang Timur dengan menerima trophy dan tabanas sebesar Rp8 juta serta juara ketiga disabet Kecamatan Padang Barat yang mendapatkan trophy dan tabungan sebesar Rp6 juta.(Dv/Prokopim Pdg)