Gasak 5 Kg Emas Batangan di Rumah Kosong Kawasan Grogol Petamburan, 3 Maling Diringkus Polisi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Gasak 5 Kg Emas Batangan di Rumah Kosong Kawasan Grogol Petamburan, 3 Maling Diringkus Polisi

Jumat, 08 Juli 2022

 

Ilustrasi

JAKARTA - Tiga pembobol rumah kosong di Jalan Tanjung Duren Lama Raya RT004 RW001, Grogol Petamburan, Jakarta Barat diringkus polisi. Pelaku menggasak sejumlah uang beserta emas batangan seberat 5 kilogram yang kemudian diamankan pihak kepolisian. 


Aksi pembobolan tersebut diketahui terjadi pada Minggu (3/7/2022) pagi. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono membenarkan penangkapan tiga pelaku pencurian rumah kosong tersebut, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Yang tertangkap tiga orang berinisial S alias Y, AM alias R, dan BW alias T," ujar Joko, Jumat (8/7/2022). 


Joko menuturkan ketiga pelaku tersebut telah mengintai rumah korban sejak jauh-jauh hari. Mereka, kata Joko, turut mempetakan kapan korban pergi dan kapan korban berada di kawasan rumah. 


"Jadi modusnya dia memang sudah survei. Dia bolak-balik ke lokasi pastikan bahwa ini rumah kosong," ujarnya. 


Ketika melakukan aksinya, ketiga pelaku memanjat pagar hingga membobol rumah korban. Mereka, secara leluasa menggasak emas batangan seberat 5 kilogram dan juga sertifikat-sertifikat yang ada di dalam rumah. 


"Ada uang, kemudian yang paling menonjol emas sampai 5 kg. Total kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp5 miliar," ucapnya.


Setelah mengetahui rumahnya telah dibobol pencuri, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Polisi berhasil meringkus ketiga pelaku tersebut di tiga tempat yang berbeda. 


"Emasnya itu disimpan di brankas. Jadi mereka bawa brankasnya juga," tuturnya. 


Dalam aksinya, Joko memastikan ketiga tersangka tidak membawa senjata tajam. Hanya membawa peralatan untuk membongkar pintu rumah seperti obeng dan lain-lain. (*)