Geliatkan Literasi di Sekolah, Padek-Paragon Go to School, Dimulai di SMA 1 Padang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Geliatkan Literasi di Sekolah, Padek-Paragon Go to School, Dimulai di SMA 1 Padang

Kamis, 14 Juli 2022
.


Padang, fajarsumbar.com - Kegiatan literasi dan pengembangan diri dalam berwirausaha (entrepreneur) yang bertajuk "Padek-Paragon Go to School" ini, dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Founder Paragon Corp Dr (HC) Nurhayati Subakat di SMA Negeri 1 Padang, Kamis (14/7/2022).


Iven yang diinisiasi Harian Padang Ekspres bersama PT. Paragon Technology and Innovation ini, selain diikuti siswa/siswi dan para guru SMA I Padang, juga dihadiri unsur Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.


Gubernur Sumbar Mahyeldi, ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan bangga adanya kegiatan Geliatkan Literasi di Sekolah, Padek-Paragon Go to School yang digelar Harian Padang Ekspres dengan PT. Paragon Technology and Innovation ini, baik untuk guru- guru maupun siswa dan  siswi  SMA yang ada di Sumbar. 


Menurutnya, jika orang tak peduli dengan bangsa, orang tidak akan peduli pada generasi penerus bangsa. "Kalau ada diantara kita yang penyebar narkoba, itu adalah perusak bangsa ini," ujarnya.


Para orangtua memiliki peran paling penting dalam keberhasilan anak sehingga bisa menjadi generasi penerus yang peduli terhadap bangsa dan negara. 


"Kalau ada orangtua tidak memberikan waktu pada anaknya, artinya tidak cinta pada bangsa, yang sibuk dengan hanya pekerjaannya tapi tidak meluangkan waktu untuk keluarga dan anak," sebut gubernur. 


Peran keluarga sangat penting dalam menyelesaikan masalah seperti stunting, narkoba, dan masalah sosial lainnya. "Penyelesaian ada di keluarga. Tempat pertama mempersiapkan benteng adalah keluarga," tuturnya. 


Dalam rangka menghadirkan generasi yang berkualitas kuncinya adalah keluarga. Sekolah adalah sebagai mempercepat dan membantu, tapi keluarga adalah kunci dan penentunya. 


"Hari ini kita laksanakan kegiatan pelatihan literasi jurnalistik dan pengembangan diri berwirausaha yang merupakan bentuk kerjasama dari Padek dengan Paragon, hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap generasi muda dalam membangun bangsa," tambahnya. 


Dengan menghadirkan paragon seorang pengusaha yang memiliki nasionalisme yang tinggi, pahit susahnya di negara ini tidak akan meninggalkan bangsa. Ia berharap hal tersebut bisa dibentuk berawal dari Sumbar. 


Lebih lanjut, gubernur bangga kepada Padek untuk kecerdasan dan kepintaran dalam meningkatkan dan membangun generasi yang berkualitas ke depannya. 


"Terima kasih, Padek untuk kecerdasan, kepintaran mendampingi pengusaha baik. Mampu melihat potensi dan dikolaborasikan, sehingga memberikan manfaat untuk bangsa, guru dan murid. 


Kecerdasan untuk bersinergi, karena sekarang tidak bisa bekerja tanpa kolaborasi dan bersinergi," tambah gubernur yang disapa akrab buya itu. 


Pada kegiatan literasi dan pengembangan diri dalam berwirausaha (entrepreneur) itu, diisi dengan talkshow, sebagai pembicara Direktur Padang Ekspres M. Nazir Fahmi, sedangkan 2 pembicara lainnya dari  PT Paragon Technology and Innovation, yakni Erika Yulia Agustin --market development dan Amalia Azhari-- tim corporate communication paragon, tentang jurnalistik dan pengembangan diri berwirausaha.


Sementara itu, Direktur Padang Ekspres M. Nazir Fahmi mengatakan tim Padang Ekspres dan Paragon akan datang secara (mobile) ke-15 SMA kabupaten dan kota di Sumbar guna memberikan pelatihan jurnalistik dan pengembangan diri berwirausaha dengan peserta guru dan siswa. 


"Sebagai pilot project, tahun ini kita adakan di 15 SMA di Sumbar, terbanyak sekolah favorit. Setelah itu kita evaluasi dan direncanakan tahun depan diadakan pada 56 SMA," sebut Nazir Fahmi.


Dijelaskan Nazir, iven ini tindaklanjut dari program Laman Guru yang diterbitkan Padang Ekspres bertujuan meningkatkan literasi di sekolah. 


“Program ini dimulai 14 Juli hingga 29 Agustus 2022. Pembukaan di SMA 1 Padang pada 14 Juli, dan penutupannya insya Allah jika diizinkan gubernur nanti kita gelar malam anugerahnya di Auditorium Istana Gubernuran Sumbar pada 29 Agustus," katanya. 


Selama iven berlangsung, panitia memilih guru favorit pilihan pembaca dan guru favorit penulisan artikel. Enam guru terpilih akan diberikan penghargaan berupa tabanas, sertifikat dan mengikuti "Wardah Inspiring Teacher 2022". Apresiasi Paragon bagi guru-guru inspiratif di Indonesia.


Ditambahkan Nazir, pada momen ulang tahun pada tahun pertama Laman Guru Januari 2023 nanti, Padang Ekspres juga akan memberikan apresiasi terhadap guru SMP dan SMA di Sumbar yang tulisannya terpilih. 


"Tulisan guru yang sudah terbit di Padang Ekspres kita seleksi dan umumkan pemenangnya pada momen HUT ke-24 Padang Ekspres dan HUT perdana Laman Guru pada Januari 2023 nanti. Tiga guru SMP dan tiga guru SMA yang tulisannya terpilih kita berikan apresiasi pada malam resepsi HUT Padang Ekspres dan Literasi Award Padek," jelas Nazir didampingi Wakil Direktur Padang Ekspres Heri Sugiarto, Pemred Rommi Delfiano, Ketua Pelaksana Harian Eko Hermanto dan Koordinator Kegiatan Erick Swid. (Rdz)