Hadiri Jambore PKK, Wabup Richi Aprian : PKK Penggerak Keluarga -->

Hadiri Jambore PKK, Wabup Richi Aprian : PKK Penggerak Keluarga

Rabu, 20 Juli 2022

Wabup Richi Aprian didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Tanah Datar mengunjungi stand PKK, di Lubuk Basung Agam

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XIX dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022, di Lubuk Basung Kabupaten Agam, diisi dengan berbagai kegiatan seperti bakti sosial dan berbagai jenis perlombaan yang menarik. 


Dipusatkan di Gor Rang Agam Basamo Mako Manjadi Lubuk Basung Kabupaten Agam, Jambore PKK yang diikuti seluruh kabupaten dan kota di Sumbar ini juga sebagai ajang silaturrahmi dan meningkatkan kreatifitas maupun inovasi bagi kader PKK disemua tingkatan dalam upaya membantu pemerintah memberdayakan keluarga untuk mencapai kesejahteraan. 


Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, yang hadir pada saat pembukaan di GOR Lubuk Basung Kabupaten Agam, Selasa (19/07) mengatakan, TP-PKK sebagai mitra bagi pemerintah sangat berperan dalam memberdayakan masyarakat. 


"Organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah, bahkan dapat menyentuh ke masyarakat dilapisan terendah ini adalah mitranya pemerintah, pendidikan pertama bagi anak-anak itu dimulai dari rumah tangga, dengan hadirnya PKK mampu menggerakkan keluarga sebagai unit terkecil dari kesatuan bangsa," ucap Richi. 


Terkait gerakan PKK Tanah Datar, yang dilakukan penilaian oleh tim Provinsi beberapa waktu lalu, yang hasilnya diumumkan hari ini, Wabup Richi sebut Tanah Datar mendapat Juara III Tingkat Provinsi Sumatera Barat kategori UP2K yang diraih UP2K Melati Nagari Pagaruyung, serta Juara Harapan II. 


"Alhamdulillah atas prestasi yang diraih, walau baru pada posisi ketiga dan juara harapan, semoga ini akan menjadi cikal bakal juara pada penilaian gerakan PKK berikutnya," pungkas Wabup. 


Sebelumnya Gubernur Sumbar Mahyeldi saat pembukaan mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar menyambut baik pelaksanaan Jambore Kader PKK, serta berharap dapat dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun secara bergiliran oleh masing-masing Kabupaten/Kota se-Sumbar. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Agam, Ketua DPRD yang telah memberikan fasillitas dan dukungan yang luar biasa dalam pelaksanaan kegiatan ini," ucap Gubernur Mahyeldi. 


Gubernur Mahyeldi juga mengingatkan, bahwa melihat dinamika kehidupan sekarang, kompleknya permasalahan masyarakat, seperti, pengentasan kemiskinan, stunting, LGBT dan masalah sosial lainnya menjadi tugas berat khususnya Kader PKK. 


Sebelumnya, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ummi Harneli Mahyeldi mengatakan, selaku Ketua Umum TP-PKK Provinsi Sumbar turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu demi suksesnya Jambore Kader PKK Berpretasi ini. 


"Atas nama pribadi dan selaku ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh kader PKK sampai ke kelompok Dasawisma, atas kiprah dan kerja kerasnya, dengan penuh rasa ikhlas, dedikasi, tanpa mengenal lelah dan tanpa pamrih, saling bahu membahu, membangun dan memberdayakan kesejahteraan keluarga di wilayah masing-masing," ucap Ummi. 


Ummi katakan, Jambore PKK kali ini mengusung tema "Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama", tersirat harapan untuk semua Kader PKK, kiranya Kader PKK mampu bersinergi, saling bekerja sama dengan baik, mampu menjaga keseimbangan dalam proses kegiatan Gerakan PKK di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan manfaat demi terwujudnya kesejahteraan keluarga. masyarakat berdaya, bangsa pun kuat berjaya. 


Dikesempatan yang sama Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny. Patty Richi Aprian mengatakan, pada Jambore PKK Berprestasi kali ini kontingen Tanah Datar mengikutsertakan sebanyak 45 kader berprestasi termasuk pendamping.


"Saat ini, kontingen kita juga akan mengikuti berbagai lomba, terkait 10 Program Pokok PKK, dengan persiapan yang maksimal, berkompotisi dengan sikap terbaik untuk meraih yang terdepan, hadiah bukan tujuan tapi pembelajaran dan evaluasi program-program ke depan," ujar Lise. 


Pada jambore tersebut diadakan berbagai kegiatan seperti Penyuluhan Kesehatan, Penanaman Pohon, Penampilan Kesenian Khas Daerah, Senam Sehat, Khatam Al-Qurán, Tausyiah, Muhasabah, selain itu juga dilakukan bermacam lomba antara lain, Lomba Yel-Yel Defile Kontingen, Lomba Stand UP2K PKK, Lomba Merancang Busana Kembaran PKK, Lomba Vlog (Video Pendek), Lomba Yel-yel Mars Dasawisma dan Lomba Outbound Estafet Sarung. (*/F12)