Hajar Laos 2-0, Malaysia Juara Piala AFF U-19 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hajar Laos 2-0, Malaysia Juara Piala AFF U-19

Sabtu, 16 Juli 2022
Timnas Malaysia U-19 meluapkan kegembiraan setelah juara Piala AFF U-19 setelah difinal mengalahkan Laos 2-0. (foto: wwitter/@fam_malaysia)


Jakarta  - Malaysia U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF U-19 2022 usai mengalahkan Laos U-19 dengan skor 2-0 pada pertandingan final.


Final Piala AFF U-19 2022 mempertemukan Malaysia U-19 melawan Laos U-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (15/7) malam.


Pertandingan berlangsung keras dengan sejumlah pelanggaran dan kartu kuning mewarnai jalannya laga yang digelar di lapangan yang licin usai diguyur hujan deras.


Jual beli serangan langsung diperagakan kedua tim sejak awal permainan. Laos mendapatkan peluang pertama pada menit ketiga usai memanfaatkan set piece.


Sementara Malaysia mampu mengancam gawang Laos lewat serangan balik tajam. Pada menit ke-13 Malaysia berhasil unggul 1-0 lewat gol Muhammad Faiz.


Dikutip cnnindonesia.com, berawal dari tendangan bebas, Muhammad Aliff sebagai eksekutor langsung mengarahkan bola ke mulut gawang Laos. Bola disambar oleh Faiz dengan sentuhan kaki kiri.


Pada menit ke-23 set piece Laos juga mampu mengancam gawang Malaysia. Namun upaya tembakan pemain Laos masih dapat diamankan kiper Malaysia.


Di menit ke-33 Malaysia mendapatkan peluang emas lewat Adam Farhan. Namun tendangannya dari dalam kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Laos.


Kemudian pada menit ke-38 Laos memiliki peluang emas lewat Anantaza Siphongphan usai memanfaatkan kemelut di muka gawang Malaysia. Sayang sontekannya masih dapat diamankan kiper Malaysia.


Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga babak pertama berakhir. Malaysia unggul 1-0 atas Laos di babak pertama.


Pada babak kedua Malaysia mencoba untuk mengambil alih permainan lewat penguasaan bola yang kuat. Sementara Laos bermain direct dengan mengandalkan kecepatan para pemain.


Pada menit ke-62 Malaysia mendapatkan peluang emas lewat Muhammad Faiz usai meneruskan umpan matang Muhammad Alif Farhan. Namun sontekan Faiz masih dapat diblok kiper Laos Phounin Xayyasone.


Mulai menit ke-70 hingga 74 Laos membombardir pertahanan Malaysia lewat umpan-umpan silang. Namun penampilan gemilang kiper Malaysia mampu mengamankan gawangnya dengan berhasil memotong umpan-umpan tajam pemain Laos.


Namun, pada menit ke-76 justru Malaysia yang berhasil menambah keunggulan lewat gol Muhammad Aliff usai meneruskan umpan Faiz dari sisi kanan.


Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Malaysia unggul 2-0 atas Laos dan menjadi juara Piala AFF U-19 2022.


Ini menjadi gelar juara yang kali kedua diraih Malaysia dalam sejarah keikutsertaan di Piala AFF U-19. Sebelumnya Malaysia pernah juara pada Piala AFF U-19 2018.


Selain dua kali juara, Malaysia sudah enam kali menjadi runner up, satu kali peringkat ketiga, dan dua kali finis di posisi keempat Piala AFF U-19. (*)