Hari Keempat, JKA Jemput Aspirasi Masyarakat Pasbar -->

Hari Keempat, JKA Jemput Aspirasi Masyarakat Pasbar

Kamis, 28 Juli 2022
John Kenedy Azis ketika meninjau jembatan gantung yang rusak di Ujuang Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (27/7). (darmansyah)


Simpang Ampek, Fajar Sumbar.com - Memanfaatkan masa reses, Anggota DPR-RI, H. John Kenedy Azis jambangi masyarakat di daerah pemilihan, Sumatera Barat 2. Di hari keempat, Rabu (27/7) kemarin, politisi Partai Golkar tersebut tampak berada di wilayah Pasaman Barat. 

        


Sebelum meninjau gedung sekolah, MTsS PP Bail Al Makmur di Talu, Kecamatan Talamau dan jembatan gantung Batang Bayang di Ujuang Gadiang, John Kenedy Azis sempat bertatap muka dengan kader-kader Partai Golkar di Jambak, Kecamatan Luak Nan Duo. 

         


Usai bertemu kader-kader partai se kabupaten, Ketua Mahkamah Partai Golkar itu langsung turun ke Talamau. Dalam lawatannya tersebut, dia tampak didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Pasaman Barat, Armi Dt. Batuah.

         


Salah satu tujuannya datang ke Talu, Kecamatan Talamau adalah meninjau MTsS PP Bail Al Makmur, yaitu sebuah sekolah swasta yang, menurutnya, memang perlu mendapat perhatian bersama.

          


Sekolah madrasah yang didirikan pada 2019 lalu itu kini cukup banyak diminati masyarakat dan, itu terlihat dari banyaknya siswa. "Ya, pada tahun pertama cuma ada 12 siswa dan, kini sudah hampir 100 orang, Pak," kata Khairul Ikbal, Kepala MTsS Bail Al Makmur.

          


Selain soal sekolah yang butuh bantuan pengembangan, dalam pertemuannya dengan masyarakat di mushala sekolah itu, John Kenedy Azis pun sempat menampung banyak aspirasi dari masyarakat Talamau. Antara lain menyangkut soal kondisi jalan dan irigasi yang rusak akibat gempa lalu.

         

John Kenedy Azis mengaku turut prihatin melihat MTsS Bail Al Makmur dan juga konidisi masyarakat di Talu pasca gempa lalu itu. Terkait hal itu, dia mengajak masyarakat untuk bangkit bersama. "Mari, bersama-sama kita bangkit kembali untuk mengembalikan masa kejayaan Nagari Talu," katanya. 

        Usai menampung aspirasi masyarakat di Talu, Anggota Fraksi Partai Golkar itu langsung meluncur ke Ujung Gading. Disana ternyata dia telah ditunggu ratusan warga di pangkal jembatan gantuang. 

           


Jembatan penyebarangan di Batang Bayang itu terlihat tengah dipergotong-royongkan oleh warga, yaitu untuk mengganti lantainya yang sudah pada lapuk. 

         

Menurut Suhemdi, Ketua PK Partai Golkar setempat, sudah tidak terhitung kalinya warga mengganti lanta jembatan yang dari kayu tersebut. "Kalau dengan kayu, cepat lapuknya. Makanya kini kami coba menggantinya dengan plat besi, Pak," kata tokoh masyarakat setempat kepada John Kenedy Azis. 

     Jembatan gantuang itu benar-benar sangat berarti bagi masyarakat Ujuang Gadiang. Beberapa waktu lalu, sempat tidak bisa dilewati karena banyaknya lantai jembatan itu yang bolong.

      

"Kalau bisa, Pak, bantu kami, ganti jembatan ini dengan jembatan permanen sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat," ujar salah seorang tokoh agama di daerah itu. 

        

Menanggapi harapan masyarakat, John Kenedy Azis minta supaya pemerintah setempat mengusulkan atau membuat profosal permohonan pembangunan jembatan itu. 


Alamatkan ke Kementerian PUPR. "In Syaa Allah, nanti kita coba perjuangkan," katanya. (dr)