Hasto Kristiyanto Orasi Ilmiah Tentang Geopolitik Sukarno di Wisuda UNP -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hasto Kristiyanto Orasi Ilmiah Tentang Geopolitik Sukarno di Wisuda UNP

Minggu, 03 Juli 2022



.

Padang  -  Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M,M yang merupakan Doktor dalam Ilmu Pertahanan di Universitas Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Unhan RI), Minggu (3/7) memberikan orasi ilmiah dalam Wisuda ke-127 Universitas Negeri Padang (UNP), yang dilangsungkan di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang. Dihadapan 1.254 wisudawan, Rektor beserta jajaran pimpinan UNP,Senat Akademik Universitas, Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Dharmasraya.


Dihadapan civitas akademika UNP Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M menyampaikan orasi yang berjudul “ Eksistensi Pemikiran Geopolitik Sukarno untuk Ketahahan Nasional” dalam pemaparannya disampaikan “ Pemikiran geopolitik Sukarno merupakan pengejawantahan antara kekuatan teoritis dengan empiris dalam tradisi intelektualnya, Bangunan Rakyat Indonesia, sejarah peradaban dan Pancasila. Pemikiran geopolitik Sukarno di dalam implementasi kebijakan luar negeri dan pertahanan memiliki sifat progresif dan revolusioner. Pandangan Sukarno terhadap kemanusiaan yang menjadi landasan kebijakan geopolitiknya bagi ketertibabn dunia menuju perdamaian abadi didasarkan pada penghormatan terhadap kemerdekaan suatu bangsa, prinsip tidak saling intervensi, membangun solidaritas bangsa-bangsa, keadilan sosial dan upaya mengubah struktur dunia yang bipolar menjadi tata dunia yang multipolar”


Di samping itu Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam Pidato Wisuda mengatakan “ Sesuai dengan pandangan Bung Karno, bahwa ketahanan suatu bangsa haruslah dipupuk dari tiga hal, yaitu ketahanan politik (politieke weerbaarheid), ketahanan ekonomi (economische weerbaarheid), dan ketahanan militer (militair weerbaarheid). Ketiga hal tersebut hendaklah diinternalisasi secara mendalam, terutama pada proses pendidikan, baik pada jenjang dasar hingga pendidikan tinggi. Cerminan dari prinsip tersebut adalah ketahanan politik yang bebas intervensi dan pengaruh bangsa lain, ekonomi yang benar-benar mensejahterakan rakyat, serta ketahanan militer yang mandiri. Semua hal tersebut dapat terwujud, apabila generasi muda Indonesia mampu memanfaatkan segala unsur, dan potensi yang ada di negara kita sendiri ” 


Pada Wisuda periode ini, Universitas Negeri Padang mewisuda sebanyak 1.254 orang lulusan, Dengan rincian Diploma 3, sebanyak 62 orang. Program S1 dan D4 Kependidikan sebanyak 705 orang, S1 dan D4 Non Kependidikan 365 orang, dan  tamatan Magister 113 orang, serta tamatan Program Doktor sebanyak 9 orang. Saat ini UNP telah masuk 16 PTN yang bertransformasi menjadi PTNBH dan juga telah memiliki Akreditasi Unggul Bersama 27 PTN/ PTS di Indonesia ( Hms / Unp ).