Infografis Iran Bentuk Divisi Kapal Induk Pengangkut Drone Tempur -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Infografis Iran Bentuk Divisi Kapal Induk Pengangkut Drone Tempur

Sabtu, 16 Juli 2022

Iran membentuk divisi kapal pengangkut drone yang beroperasi di Samudera Hindia



DUBAI - Iran mengumumkan pembentukan divisi kapal induk pembawa drone yang beroperasi di Samudera Hindia. Setiap kapal bisa membawa 50 drone tempur maupun pengintai.


Stasiun televisi Iran melaporkan drone yang ditampilkan dalam pembentukan divisi Angkatan Laut itu adalah Pelican, Arash, Homa, Chamrosh, Jubin, Ababil-4, dan Bavar-5, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pembentukan divisi pertama ini disampaikan setelah Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menyebut Iran kemungkinan akan memasok ratusan drone ke Rusia, termasuk yang memiliki kemampuan senjata. Bukan hanya itu Iran juga disebut bersiap melatih pasukan Rusia untuk menggunakannya.


Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian membantah pernyataan Sullivan saat berbicara melalui panggilan telepon dengan mitranya dari Ukraina.


“Amirabdollahian menolak tuduhan tak berdasar baru-baru ini oleh (Sullivan) tentang drone Iran yang dikirim ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina, dengan mengatakan klaim seperti itu, bertepatan dengan kunjungan Biden ke wilayah Palestina yang diduduki (Israel), sejalan dengan tujuan politik tertentu,” demikian laporan media pemerintah Iran.(*)