Ini Dia Teknologi Terbaru, Nonton Film dan Berbagi Konten Video Hanya dengan Lensa Kontak -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Ini Dia Teknologi Terbaru, Nonton Film dan Berbagi Konten Video Hanya dengan Lensa Kontak

maifil
Selasa, 12 Juli 2022

 

Mojo Lens
JAKARTA - Tak akan lama lagi hanya dengan menggunakan "lensa kontak" anda bisa melihat televisi, video, atau menerima atau mengirim gambar serta video dari dan ke akun anda. Hal ini sangat mungkin terujud dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).


Sebelumnya kita sudah mengenal kacamata cerdas besutan Google (Google Glass), yang bisa menonton, menangkap pesan dan berbagi momen secara realtime. Tapi ini lebih canggih lagi, ia dipasang langsung ke mata dan dialiri listrik mikro.  


Meskipun hal ini teknologi yang menantang,  MojoVision telah memulainya dan bahkan sudah mengenalkannya ke publik.  "CEO perusahaan ini telah mendemonstrasikan prototipe Lensa Mojo yang ditempatkan di matanya," tulis Ubergizmo mengenalkan perkembangan teknologi AR ini.


Mojo Lens adalah lensa kontak yang dapat terhubung dengan semua alat elektronik, hanya dengan menggunakan daya sangat kecil sekitar 1,8 mikron piksel di layar yang berukuran 0,5 mm.


Saat ini, menurut Mojo, ukuran layar yang kecil ini memang membatasi resolusi gambar, namun suatu saat dapat ditingkatkan.


Hebatnya, konten layar bahkan terlihat di siang hari bolong dan bahkan saat Anda memejamkan mata.


Lensa berkomunikasi dengan komputer melalui gelombang radio frekwensi 5GHz, dan begitulah cara data mengalir bolak-balik, termasuk data visual. 


Mojo Vision mengatakan bahwa komunikasi dengan lensa kontak besutannya ini berlatensi rendah, tetapi mereka mengakui, belum sepenuhnya mengetahui seberapa responsifnya gambar yang ditampilkan.


Gerakan mata dilacak  menggunakan Mojo Lens menggunakan akselerometer untuk menstabilkan gambar di bidang pandangan para pengguna. Data gerakan ini memungkinkan komputer mengkompensasi terhadap gerakan mata saat memperbarui gambar yang dirender.


Mojo Vision menggunakan pandangan orang tersebut sebagai pengontrol, dan perintah dapat diberikan dengan melihat sesuatu dan mungkin tetap pada sasaran untuk waktu yang singkat. Banyak aplikasi AR yang sudah memiliki antarmuka serupa dengan headset XR (eXtended Reality).


"Ini adalah tonggak sejarah untuk membangun lensa kontak seperti itu, sepenuhnya nirkabel. Perusahaan mengatakan, Mojo Lens ditenagai oleh baterai mikro kelas medis, " komentar  Eliane Fiolet, blogger dari Ubergizmo, 2 Juli 2022 lalu.


Dikatakan Eliane, meskipun ini pencapaian kemajuan teknologi fiksi ilmiah, namun orang masih bertanya-tanya; apa kualitas gambarnya, seberapa luas bidang pandangnya, dan apa masalahnya. 


Selanjutnya, tulis Eliane, akan sangat bagus menghadirkan gambar dan video dengan tampilan resolusi tinggi, karena akan sangat membantu semua jenis aplikasi XR. Semoga