Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XIX Tingkat Provinsi Sumbar 2022 Resmi Ditutup -->

Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XIX Tingkat Provinsi Sumbar 2022 Resmi Ditutup

Rabu, 20 Juli 2022

 

Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XIX.jd


Agam, fajarsumbar.com 


Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XIX dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022 di GOR Rang Agam, Lubuk Basung Kabupaten Agam, Rabu (20/7) resmi ditutup, setelah berlangsung selama tiga hari mulai Senin (18/7) dan berakhir Rabu (20/7).


Diajang tersebut Kabupaten Pasaman Barat berhasil meraih harapan 2 pada lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Namun pada lomba Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022, Pasbar meraih juara di tiga kategori yakni juara 2 lomba tertib administrasi PKK, harapan 1 lomba UP2K dan harapan 1 lomba Aku Hatinya PKK.


Dalam Jambore Kader PKK berprestasi ini, Kabupaten Pasaman Barat menampilkan lomba Parade Yel Defile, lomba Bermain Peran Mendidik Anak di Zaman Digital atau Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), lomba  UP2K, lomba peragaan busana baju kurung basiba seragam PKK, lomba vlog atau vidio pendek, dan lomba yel yel dan mars dasawisma. 


Hadir dalam penutupan tersebut, Wakil Bupati Agam Iwan Fikri, Forkopimda Agam, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua TP PKK Sumbar Amelia Audy Joinaldy, beberapa bupati walikota yang berkesempatan hadir, Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua TP PKK Pasbar Titi Hamsuardi, Wakil Ketua TP PKK Fitri Risnawanto dan pengurus PKK Kabupaten Pasbar, kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya.


Dalam penutupan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Harneli Mahyeldi menyampaikan bahwa jambore PKK pada intinya pertemuan kader PKK untuk mempererat tali silaturahmi antar PKK di kabupaten/ kota dan provinsi.


Karena Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga terutama dalam usaha meningkatkan kualitas SDM sebagai insan pembangunan yang berkualitas. 


"Hal tersebut terwujud tidak terlepas dari peran kader PKK, terutama ditingkat nagari dan jorong, dimana kiprah mereka sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 progam pokok PKK ditengah-tengah masyarakat," kata Harneli Mahyeldi.


Oleh sebab itu, lanjutnya dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan, persahabatan serta memberikan motivasi dan penghargaan (reward) bagi para kader PKK yang telah bekerja secara ikhlas dan sukarela. Sekaligus menggebyarkan Gerakan PKK dengan 10 Program Pokok PKKnya. Maka setiap tahun Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Jambore Kader PKK Berprestasi, mulai tahun 2003 sampai tahun 2022 ini merupakan Jambore ke-XIX yang diikuti oleh 19 kabupaten kota se-Sumatera Barat. 


"Bagi kabupaten yang belum juara jangan bersedih, masih ada tahun depan. Tahun depan kita jambore di Kabupaten Pasaman. Kabupaten Pasaman menjadi tuan rumah untuk Jambore PKK tingkat provinsi," katanya.


Sementara itu, Ketua TP PKK Pasbar Titi Hamsuardi dan didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Fitri Risnawanto serta pengurus PKK menjelaskan bahwa apapun hasilnya di Jambore PKK harus disyukuri dan tetap semangat untuk mengikuti jambore di tahun mendatang.


"Tetap semangat bagi kader-kader PKK. Alhamdulillah pada Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022 kita meraih beberapa prestasi," kata Titi Hamsuardi.


Ia melanjutkan, kader-kader yang berprestasi telah tampil di jambore tingkat Provinsi Sumbar. Di tahun mendatang kader-kader tetap produktif dan tetap menjalankan 10 program PKK yang sudah dijalankan selama ini.jd