Jembatan Penghubung Desa Nyaris Ambruk, Warga Merangin Resah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Jembatan Penghubung Desa Nyaris Ambruk, Warga Merangin Resah

Minggu, 10 Juli 2022

Jembatan di Jambi nyaris ambruk.


MERANGIN - Warga Dusun Karang Rejo, Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Jambi merasa resah. Pasalnya, salah satu jembatan penghubung desanya nyaris ambruk. 


Warga setempat, Basori mengatakan, jembatan kayu yang dibuat sejak tahun 1995 tersebut kondisinya sudah memprihatinkan. Jembatan itu sebagai urat nadi ekonomi warga.


"Jembatan kayu ini sudah ada semenjak tahun 1995, sejak pertama dusun ini di buka. Namun, sampai saat ini belum pernah di bangun secara permanen," kata Basori, Minggu (10/7/2022). Dia menambahkan, jembatan penghubung antar desa ini masih menggunakan kayu bulat jenis tempinis. Bahkan, hanya bisa dilalui kendaraan roda empat dengan tonase yang sedikit,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kalau warga mau mengeluarkan hasil kebunnya, terpaksa harus melansir dengan menggunakan kendaraan kecil lantaran mobil truk tidak berani melewati jembatan," kata Basori.


Dia menambahkan, Dusun Karang Rejo ini dihuni 150 kepala keluarga. Mereka sudah sangat rindu sikap tanggap pemerintah untuk bisa membangun jembatan permanen.


"Bayangkan saja, jembatan ini hanya menggunakan kayu bulat. Saat ini, kami ingin merasakan arti kemerdekaan sesungguhnya agar bisa sama-sama merasakan pembangunan hingga ke dusun kami," ujarnya. Terpisah, PLT Kadis PUPR Merangin Abdul Gani mengaku baru mengetahui jembatan di Dusun Karang Rejo masih menggunakan kayu dan belum pernah di bangun.


Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan segera cek lapangan untuk mengetahui penanganan selanjutnya. "Nanti saya panggil Kabid dan akan kita cek. Insyaallah tahun ini bisa kita bangun agar warga bisa aman saat melintasi jembatan di dusunnya," kata Gani.(*)