KMP Nusa Penida Kebakaran, Satu Orang Tewas -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

KMP Nusa Penida Kebakaran, Satu Orang Tewas

Minggu, 17 Juli 2022

Sejumlah petugas berusaha memadamkan api yang melalap KM Nusa Penida


LOMBOK BARAT - KMP Nusa Penida kebakaran, akibarnya satu korban tewas terbakar. Peristiwa itu terjadi di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat Sabtu 16 Juli 2022.


Kebakaran terjadi saat KMP Nusa Penida sedang melakukan docking di PT. Dukuh Raya, yang terletak di Teluk Waru Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar, sekira pukul 17.00 Wita.


Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho, mengkonfirmasi pihaknya langsung menindaklanjuti peristiwa tersebut. “Kapal yang terbakar adalah KMP. Nusa Penida, saat sedang melakukan docking di Teluk Waru Lembar untuk maintenance,” ungkap Kapolres Lobar kepada wartawan.


Untuk mempercepat proses pemadaman, Polres Lobar mengirimkan unit Mobil Water Canon. Sat Samapta Polres Lobar bahu membahu melakukan pemadaman bersama tiga unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Lombok Barat. Selanjutnya pada pukul 20.30 wita Api yang berkobar didalam kapal berhasil dipadamkan,  sebagaimana dikutip okezone.com.


Setelah api dinyatakan padam, selanjutnya petugas melakukan pengecekan kedalam kapal. "Di dalam kapal menemukan jasad seseorang dalam kondisi terbakar, yang sudah dalam keadaan meninggal dunia,” imbuhnya.


Dengan adanya temuan jasad tersebut, Kabag Ops Polres Lombok Barat Kompol Dhafid Shiddiq, memimpin langsung evakuasi jasad tersebut.


Kini, jasad korban telah dievakuasi menggunakan Ambulance Puskesmas Jembatan Kembar, menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB, untuk identifikasi.


Sampai saat ini, Kepolisian Polres Lombok Barat langsung melakukan olah TKP dan memasang police line, serta melaksanakan pemeriksaan awal terhadap saksi-saksi.


“Dugaan sementara KMP Nusa Penida terbakar akibat terkena percikan api yang bersumber dari proses pengelasan saat docking untuk maintenance di Teluk Waru Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar ini,” ungkapnya.


Dari video yang beredar di media sosial tampak sejumlah orang berlarian dari dalam kapal. Suara teriakan terdengar bersautan dari luar kapal. Asap tebal mengepul dari kejauhan.(*)