Menlu AS dan China Bertemu di Bali, Bahas Isu Taiwan hingga Perang Rusia-Ukraina -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Menlu AS dan China Bertemu di Bali, Bahas Isu Taiwan hingga Perang Rusia-Ukraina

Sabtu, 09 Juli 2022

 

Antony Blinken (kanan) dan Wang Yi bertemu di Bali

NUSA DUA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan mitranya dari ChinaWang Yi, bertemu di Bali, Sabtu (9/7/2022), sehari setelah pertemuan G20.  Para pejabat AS mengatakan, pertemuan Blinken dengan Wang berlangsung sejak pagi hingga siang, membahas upaya untuk mempertahankan hubungan kedua negara di tengah berbagai gangguan.

"Tidak ada pengganti untuk pertemuan tatap muka, diplomasi, dan dalam hubungan yang kompleks dan konsekuensial seperti antara Amerika Serikat dan China, ada banyak hal yang harus dibicarakan. Kami sangat menantikan pembicaraan yang produktif dan konstruktif," kata Blinken, di awal pertemuan, seperti dikutip dari Reuters, sebagaimana dikutip iNews.id.


Blinken diperkirakan akan menekankan kembali peringatan AS kepada China agar tidak membantu Rusia dalam berperang di Ukraina. Selain itu kedua pihak akan membahas isu-isu kontroversial seperti masalah Taiwan, klaim China atas Laut China Selatan China, perluasan pengaruh China di Pasifik, isu HAM, dan tarif perdagangan.


Meski isu yang dibahas sensitif, kedua pihak punya kepentingan untuk tetap menjaga hubungan yang stabil.


Blinken dan beberapa pejabat AS mengatakan, Presiden Joe Biden dan Xi Jinping akan berbicara lagi dalam beberapa pekan mendatang, membahas materi yang diambil berdasarkan pertemuan kedua menlu.


Hal senada disampaikan Wang yang menegaskan kedua negara perlu mempertahankan hubungan.


"China dan Amerika Serikat merupakan dua negara besar, jadi penting bagi kedua negara untuk menjaga pertukaran yang normal. Pada saat yang sama, kita perlu berbicara bersama untuk memastikan hubungan ini akan terus bergerak maju di jalur yang benar," kata Wang.


Mantan diplomat AS untuk Asia Timur Daniel Russel yakin tujuan utama pertemuan tersebut untuk menjajaki kemungkinan pertemuan langsung antara Biden dan Xi. Ini akan menjadi pertemuan pertama mereka sebagai pemimpin. Keduanya memang sudah berbicara secara online dan pertemuan tatap muka mungkin akan berlangsung di sela KTT G20 di Bali pada November.(*)