Merasa Terganggu, India Pantau Rencana Kedatangan Kapal Yuan Wang 5 China ke Sri Lanka -->

Merasa Terganggu, India Pantau Rencana Kedatangan Kapal Yuan Wang 5 China ke Sri Lanka

Kamis, 28 Juli 2022

 

Kapal penelitian China Yuan Wang 5 akan berlabuh di Sri Lanka, India waspada

NEW DELHI - India memantau rencana kedatangan kapal penelitian China ke Sri Lanka. Kapal bernama Yuan Wang 5 itu akan berlabuh di Hambantota, pelabuhan yang dibangun menggunakan dana dari China.


Sri Lanka menjadi ladang perebutan kepentingan ekonomi China dan India, dua negara yang sejak lama berseteru. Kedua negara itu juga membantu Sri Lanka yang dilanda krisis ekonomi terparah sejak mendapat kemerdekaan pada 1948, sebagaimana dikutip iNews.id.


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) India Arindam Bagchi mengatakan pemerintahannya sudah mengetahui rencana kunjungan kapal Yuan Wang 5.


"Pemerintah dengan hati-hati memantau setiap perkembangan terkait dengan kepentingan ekonomi dan keamanan India serta mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindunginya. Saya kira ini harus menjadi pesan yang jelas," kata Bagchi, dikutip dari Reuters, Kamis (28/7/2022).


Dia tidak menyebut kepada siapa pesan itu dikirim serta tindakan apa yang akan diambil.


Perusahaan konsultan Belt & Road Initiative Sri Lanka baru-baru ini menyatakan kapal Yuan Wang 5 akan merapat di pelabuhan Hambantota pada 11 Agustus dan akan sandar selama seminggu.


"Kapal itu akan melakukan pelacakan luar angkasa, kontrol satelit, dan penelitian di bagian barat laut Samudera Hindia hingga Agustus dan September," bunyi pernyataan.(*)