Nekat Terapkan Pembatasan Harga Minyak Rusia, Ini Ancaman Moskow -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Nekat Terapkan Pembatasan Harga Minyak Rusia, Ini Ancaman Moskow

Kamis, 21 Juli 2022

Rusia mengancam tidak akan memasok minyak ke pasar dunia.


MOSKOW - Rusia mengancam tidak akan memasok minyak ke pasar dunia. Hal itu akan dilakukan jika pembatasan harga diberlakukan.  


Hal itu disampaikan Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexander Novak kepada televisi Rusia, Rabu (20/7/2022) seperti dikutip kantor berita non-pemerintah Rusia, Interfax.


"Jika harga yang mereka bicarakan ini lebih rendah dari biaya produksi minyak, maka tentu saja Rusia tidak akan menjamin pasokan minyak ini ke pasar dunia. Ini berarti kami tidak akan rugi," kata Novak. Sebelumnya, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mendorong pembatasan untuk menurunkan harga minyak. Langkah itu juga bertujuan untuk mempersulit Moskow dalam mendanai perangnya di Ukraina,sebagaimana dikutip iNews.id.


Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada wartawan pada hari sebelumnya, harga minyak akan meroket jika pembatasan diberlakukan. Brasil, Cina, India, dan beberapa negara Afrika dan Timur Tengah telah meningkatkan impor energi dari Rusia. Minyak itu dijual dengan diskon besar-besaran setelah banyak penyulingan Eropa berhenti membeli minyak Rusia.(*)