Padang Bersiap Laksanakan Rakernas APEKSI XV -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Padang Bersiap Laksanakan Rakernas APEKSI XV

Senin, 11 Juli 2022
.


Padang - Pemerintah Kota Padang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada DPRD Kota Padang yang menyatakan siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV di Kota Padang selama 7-10 Agustus 2022 mendatang.


"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita berterima kasih sekali kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang antusias menyambut event Rakernas APEKSI XV yang dituanrumahi Kota Padang.  Kita tentu berharap, sinergi dan kolaborasi antara Pemko dan DPRD bakal menyukseskan event nasional tersebut tentunya," harap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar mewakili Wali Kota Padang di dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Padang membahas agenda terkait di Gedung Bundar Sawahan, Senin (11/7/2022).


Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Syafrial Kani dengan didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen itu, diikuti unsur Forkopimda Kota Padang, pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang serta stakeholder terkait lainnya baik secara langsung maupun virtual.


Andree pun juga menjelaskan akan pentingnya perhelatan Rakernas APEKSI tersebut, khususnya bagi masyarakat dan kemajuan Kota Padang.

"Tujuan utama pelaksanaan Rakernas XV APEKSI di Kota Padang ini adalah untuk membangun dan membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan di Kota Padang yang cukup lama 'down' akibat pandemi Covid-19. Itu inti dan tujuan dari pelaksanaan Rakernas APEKSI ini sebenarnya. Begitu juga masih banyak lagi manfaat lainnya," jelasnya.


"Kita sangat berharap, adanya dukungan semua pihak dan stakeholder terkait demi kesuksesan Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dukungan DPRD Kota Padang selaku wakil rakyat di kota yang kita cintai ini," tambah Andree didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi saat itu.


Lebih jauh Sekda Andree menyebutkan, terkait Rakernas APEKSI XV di Kota Padang, yaitu memiliki 9 (sembilan) rangkaian kegiatan utama dan 5 (lima) kegiatan pendamping.


Agenda tahunan ini bebernya, juga memiliki ciri khas yaitunya Rakernas yang mengusung semangat pembangunan berlelanjutan dan mengusung prinsip 'smart city' (kota cerdas-red) sekaligus kebanggaan dalam produk, inovasi dan kulinari lokal.


"Seluruh rangkaian kegiatan akan mengikutsertakan dan mendorong sinergi kaum muda para calon pemimpin bangsa ke depan. Untuk itu pada Rakernas APEKSI XV di Kota Padang kali ini kita mengusung tema "Kota Kita Bangkit: Yang Maju Yang Bersinergi"," sebutnya.


Terakhir Sekda muda tersebut juga menjelaskan terkait rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XV. Selain Rakernas yang bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo, juga ada kegiatan pendukung lainnya seperti 'Indonesia City Expo', Pawai Budaya Nusantara, Peresmian Tugu APEKSI, Gowes serta 'City Tour', Ladies Program, Penanaman Pohon, 'Youth City Changers', Seminar, Bersih-Bersih Pantai dan Lomba Memasak Rendang dan Teh Talua.


.


"Ke semua event ini bakal diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia yang juga membawa rombongan termasuk para Istri Wali Kota. Maka itu, kita berharap semoga terselenggaranya Rakernas APEKSI XV di Kota Padang yang lancar dan sukses. Begitu juga turut memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan kemajuan kota tentunya," pungkas Sekda Andree mengakhiri penyampaianya.


Terpisah, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Padang terus melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintahan Pusat dan Dewan Pengurus APEKSI guna memastikan persiapan acara ini berjalan dengan baik.


"Kami yakin dengan kolaborasi semua pihak maka Rakernas APEKSI ini akan dapat berjalan sukses dan lancar. Begitu juga kami harapkan dukungan dan pengawasan dari DPRD Kota Padang agar kegiatan ini berjalan lancar," pungkas Wako Hendri Septa.


Sementara itu Ketua DPRD Padang Syafrial Kani berharap kegiatan Rakernas APEKSI dapat memberikan manfaat nyata sesuai tujuannya. "Momen seperti ini harapannya yaiti bakal ada 'sharing' sesama kepala daerah khususnya terkait percepatan pembangunan," katanya.


Mewakili DPRD Kota Padang Syafrial pun mengaku menyambut baik terhadap penyelenggaraan Rakernas APEKSI XV di Kota Padang.


"Harapan yang ditujukan kawan-kawan anggota DPRD terhadap kegiatan ini yang terutama sekali adalah semoga dapat meningkatkan pendapatan daerah dari penerimaan pajak hotel, restoran dan rumah makan. Para tamu diperkirakan mencapai 3.000 lebih, semoga kehadiran mereka ke Padang yang nginap, berbelanja dan berkegiatan di sini ikut mendongkrak perekonomian kita. Sehingga bermuara pada penambahan pendapatan asli daerah (PAD)," imbuhnya. (*)