Pemkab Limapuluh Kota Belajar Inovasi Ke Pemko Payakumbuh -->

Iklan Atas

Pemkab Limapuluh Kota Belajar Inovasi Ke Pemko Payakumbuh

Rabu, 20 Juli 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Kota Payakumbuh menjadi pusat perhatian pembelajaran inovasi daerah. Setelah sebelumnya jadi narasumber di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam FGD Penguatan inovasi Daerah, kali ini daerah tetangga Kabupaten Limapuluh Kota mengundang Kota Payakumbuh dalam acara Bimtek Inovasi/Workshop Inovasi Daerah Kabupaten Limapuluh Kota yang diadakan di Hotel Grand Rocky Bukittinggi, Rabu (20/7).


Adapun dalam acara tersebut, Pemerintah Kota Payakumbuh menugaskan Robby Hafanos, S.IP, MCIO selaku Sub Kordinator Inovasi dan Teknologi di Bappeda Kota Payakumbuh, yang diberi kesempatan untuk memaparkan materi terkait best practice inovasi yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh. 


Hal ini juga menjadi peluang kerjasama kedua Kota kakak beradik ini saling mengisi untuk pengembangan inovasi di daerahnya masing-masing.



Dalam paparannya, Robby menyampaikan terkait strategi inovasi efektif yang dilakukan Kota Payakumbuh dalam pengembangan inovasinya di organisasi secara praktis dan bagaimana menciptakan tata kelola inovasi yang efektif, selain itu juga memberikan motivasi terhadap ASN Kabupaten Limapuluh Kota untuk tidak takut berinovasi.


"Sudah ada aturan hukum yakni PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah terdapat pada pasal 7 yang berbunyi usulan inisiatif inovasi daerah dapat dilaksanakan oleh Kepala daerah, Anggota DPRD, ASN, Perangkat daerah dan anggota masyarakat," kata Robby.


Di sisi lain Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal menyampaikan harapan nantinya akan terjalin kerjasama yang baik dalam pengembangan daerah tidak hanya inovasi namun segala aspek yang berkaitan terhadap pembangunan daerah.


"Wali Kota Payakumbuh dengan segudang inovasi dalam hal ini juga memberikan semangat kepada OPD agar jangan terlena dengan penghargaan-penghargaan dan capaian yang telah diraih, ini bukan tentang penghargaan tapi bagaimana menciptakan pemerintahan yang efektif melalui inovasi sehingga Kota Payakumbuh menjadi Kota yang lebih maju dan menjadi kunjungan Daerah lain untuk belajar disegala Sektor," pungkasnya. (ul)