Pemko Payakumbuh Diversifikasi IKM Tenun. Ketua Dekranasda Berpamitan -->

Pemko Payakumbuh Diversifikasi IKM Tenun. Ketua Dekranasda Berpamitan

Jumat, 08 Juli 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Yunida Fatwa berkesempatan memotivasi 15 Pelaku IKM kerajinan fashion dan tenun dalam acara pelatihan diversifikasi produk tenun yang digelar selama 5 hari oleh Bidang Perindustrian, Jumat (08/07/2022) bertempat di aula Disnakerperin.


Kesempatan itu, Ketua Dekranasda Henny menceritakan perjalanan dan proses selama memimpin organisasi itu.


Kadis Nakerperin, Yunida Fatwa menjelaskan pelatihan ini terselenggara berkat dukungan dari Pemerintah Kota Payakumbuh melalui anggaran APBD tahun 2022 yang tertuang dalam DPA-SKPD Disnakerperin.


"tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan wawasan SDM para Ikm bidang kerajinan terutama fashion dalam mengembangkan produk turunan tenun. Selama pelatihan seluruh peserta akan dibekali dengan pengetahuan dasar membuat pola, menggunting pola serta mengkombinasikan dengan produk turunan lain seperti rajut, tenun dan lain-lain,"terang Yunida Fatwa dibenarkan Kabid Perindustrian Bambang Hermanto. 


Sementara itu  instruktur yang dilibatkan adalah Remon Novita, seorang praktisi terampil yang sudah sering menjadi narasumber di berbagai kegiatan, khususnya Sumatera Barat. Untuk 5 hari kedepan, Remon Novita didampingi oleh tim dari Bidang Perindustrian yang diketuai oleh Heried Abdi ST atau Rix Abdi.


Kadis Nakerperin Yunida Fatwa menyampaikan pelatihan diverifikasi tenun rajut ini diadakan sebagai bentuk kepedulian dari Pemerintah Kota Payakumbuh terhadap Industri kerajinan di Kota Payakumbuh

Walaupun dengan terbatasnya anggaran APBD akan tetapi melalui Dinas tenaga kerja dan perindustrian tahun ini masih dapat untuk menyelenggarakan kegiatan ini.


"Untuk itu kami berharap keseriusan dan ketekunan selama mengikuti kegiatan ini sebab dengan pembiayaan yang minim tentu harus lebih ketat dalam seleksinya. Kami yakin seandainya seluruh peserta yang hadir ini tekun dan konsentrasi atau fokus selama pelatihan insyaallah keluarnya akan jadi seorang pelaku industri yang handal dan profesional," tukas Kadis Yunida Fatwa.


Sementara, Ketua Dekranasda Henny Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Nakerperin Payakumbuh menyelenggarakan pelatihan ini.


Henny Riza Falepi mengulas kembali perjalanan dan proses dirinya melakukan pembinaan ke beberapa Ikm kerajinan maupun rajut yang ada di Kota Payakumbuh suka dan duka Henny alami demi memajukan Industri tersebut seperti Tenun balai panjang dan rajut.


"Bahkan tidak jarang Iven iven berskala nasional pun Henny selenggarakan bersama para pelaku Ikm dengan menghadirkan para perancang model terkenal seperti Tuty ADIB. Bahkan baru baru hasil karya tenun balai panjang telah dipakai oleh Ibu Presiden RI pada hari perayaan nasional. Seiring waktu berjalan berkat kerja keras dan kerja sama yang baik antara keduanya baik itu pemerintah maupun Ikm perlahan produk Ikm makin dikenal sampai nasional,"ucap Henny.


"Alhamdulillah sekarang produk kerajinan dari Kota Payakumbuh sudah banyak dikenal di berbagai kalangan selama 10 tahun ini,"imbuhnya.


Jelang berakhirnya masa jabatan sebagai Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi sempat sampaikan salam maaf, dan pamit. 


"Atas nama organisasi Dekranasda,  Kami menyampaikan permohonan maaf apabila selama berinteraksi selama ini ada salah dan khilaf dalam bergaul serta berkomunikasi selama ini,"ucap Henny Riza Falepi. 


"Semoga kedepannya Ikm se Kota Payakumbuh lebih maju lagi dan semakin berkembang,"pungkasnya. 


Adalah Lira Novianti, salah satu peserta pelatihan Ikm mewakili peserta lain mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kesempatan kepadanya dan kawan-kawan mengikuti pelatihan ini. Mudah-mudahan ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan 5 hari kedepan dapat dimanfaatkan dan dikembangkan.


Terkhusus kepada Ibu Ketua Dekranasda Henny, Lira Novianti memberikan apresiasi sekaligus penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap apa yang telah diberikan demi memajukan Ikm di Kota Payakumbuh.


"Mudah-mudahan Ibu Henny semakin sukses dan sehat selalu. Aamiin,"tutupnya.(ul)