Peserta Tunanetra Festival Penyanyi Minang se-Sumbar Impikan Dapur Rekaman -->

Iklan Atas

Peserta Tunanetra Festival Penyanyi Minang se-Sumbar Impikan Dapur Rekaman

Sabtu, 02 Juli 2022

.


Lubuk Basung – Puluhan penyanyi dari berbagai daerah ambil bagian pada ajang Festival Penyanyi Minang Se-Sumatera Barat yang digelar Lapau Seni Lubas, Sabtu (2/7) di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung.


Ahmad Fauzan (22), penyanyi asal Bulakan, Lubuk Basung sukses mencuri perhatian ratusan pasang mata. Pasalnya, Fauzan merupakan satu-satunya peserta penyandang disabilitas pada ajang tarik suara itu.


Pantauan AMC, Ahmad Fauzan dengan nomor lot 13 itu sukses membawakan lagu Balam Pamutuih Tali ciptaan Sexry Budiman. Suara khas Fauzan mampu menghipnotis para juri dan ratusan penonton.


“Tampil di depan penciptanya langsung cukup grogi juga, cuma saya harus tampil maksimal,” ujarnya usai unjuk kebolehan dihadapan tiga juri, salah satunya Sexry Budiman.


Orang tua Fauzan, Medi Satria bercerita, anak keempatnya itu mengalami masalah penglihatan sejak lahir. Meski berkebutuhan khusus, Medi mengaku anak kesayangannya itu memiliki kelebihan di tarik suara.


Medi kerap membawa anaknya itu ke berbagai ajang menyanyi. Diungkapkan, Medi pernah mewakili Sumatera Barat di ajang FLS2N ketika masih dibangku kelas 4 Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Lubuk Basung.


“Di kabupaten menang, demikian juga provinsi, akhirnya dikirim ke NTB untuk mewakili Sumatera Barat,” ungkapnya.


Lebih lanjut dikatakannya, masuk dapur rekaman merupakan motivasi anaknya pada Festival Penyanyi Minang Se-Sumatera Barat yang digelar Lapau Seni Lubas itu.


“Kami mendengar kalau bisa juara maka akan dapat tiket rekaman gratis. Ini salah satu motivasi kami ikut lomba ini,” ujarnya


Soal kemampuan tarik suara, Medi mengaku anaknya hanya belajar secara otodidak. Bakatnya mulai tampak saat guru di SDLB Lubuk Basung memintanya untuk bernyanyi.


“Setelah lulus dari SMKN 7 Padang, Fauzan masih terus bernyanyi, ia sekarang sering diajak pemilik orgen untuk bernyanyi di tempat-tempat pesta,” katanya.


Ditambahkan Medi, selain Fauzan, anak bungsunya juga mengalami persoalan pada penglihatan. Sebagai orang tua, dia terus mendukung bakat anak-anaknya, termasuk di tarik suara. (*/yanto)