Pimpinan DPRD Sumbar Salat Idul Adha di Payakumbuh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pimpinan DPRD Sumbar Salat Idul Adha di Payakumbuh

Minggu, 10 Juli 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com  - Dua Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat laksanakan Shalat Idul Adha bersama Muhammadiyah. Kedua Pimpinan itu yakni Supardi (Ketua DPRD) bergabung bersama ribuan masyarakat Kota Payakumbuh di pusat pasar Payakumbuh di Jalan Sudirman di depan Pos Indonesia dan Ustadz H. Irsyad Syafar, Lc bertindak selaku Khatib di halamam Kampus Fakultas Pertanian (Paperta) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di belakang Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Sabtu (9/7).


Ketua DPRD Kota Payakumbuh Supardi, setelah Shalat Idul Adha ditemui media mengatakan secara kelembagaan mengutamakan mengikuti hasil sidang itsbat pemerintah. Namun, sesuai keyakinan saya memilih hasil hisab hakiki wujudul hilal Muhammadiyah.


Kenapa, semasa Buya H. Arius Syaiki masih hidup masyarakat Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota ) selalu mengikuti panduan beliau dalam menetapkan hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha.


Bahkan, hampir semua daerah di Pulau Sumatera mengikuti panduan shalat sepanjang masa pada penerbit penerbit almanak atau kalender. Dan saat ini Provinsi Lampung masih konsekwen menjalankan panduan waktu shalat dari Buya Arius Syaiki seorang guru besar ilmu falak.


"Saya melaksanakan Shalat Idul Adha bersama Muhammadiyah bukan saat ini saja. Semenjak kecil, saya selalu mengikuti dan melaksanakan Shalat Idul Adha maupun Shalat Idul Fitri di halaman Panti Asuhan Aisyah di Labuh Baru", kata Supardi yang pernah sebagai pembina Pondok Pesantren Al Kautsar Muhammadiyah Tanjung Pati itu.


Sementara itu, Ustadz H. Irsyad Syafar Lc (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat) melalui WhatsApp (WA) senada dengan Supardi menagatakan saya sebenarnya selalui ikut hasil sidang itsbat pemerintah.


Namun. karena saya terjadwal semenjak lama sebagai Khatib pada Masjid Kampus Faperta UM Sumatera Barat di Payakumbuh, saya menghormati saudara - saudara di Muhammadiyah, tak elok berselisih kata Ustadz Irsyad Syafar yang digadang gadangkan PKS sebagai Calon Walikota Payakumbuh pengganti Riza Palepi itu.


Di tempat terpisah Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Payakumbuh H. Ashril Syamsu pada media mengatakan Persyarikatan Muhammadiyah Kota Payakumbuh pada Shalat Idul Adha 1443 H tahun ini, kami menyediakan tiga titik untuk Kota Payakumbuh.


Sebagai Lokasi Utama di pusat pasar Payakumbuh di jalan raya, Komplek Kampus Faperta UMSB dan lapangan perguruan Tarok Payakumbuh dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini, ujarnya. (ul)