Puluhan Jamba Diarak Meriahkan Festival Pesona Danau Maninjau -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Puluhan Jamba Diarak Meriahkan Festival Pesona Danau Maninjau

Rabu, 27 Juli 2022

 

Puluhan Jamba Diarak menuju lokasi acara festival Pesona Danau Maninjau 

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Rombongan Bundo Kanduang diringi dengan kesenian Tambua Tansa tampak dengan anggun melangkah sambil manjujuang (menjunjung) Jamba di masing - masing kepala mereka. Arak arakan jamba tersebut dalam rangka memeriahkan pembukaan  Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022, dikawasan  Objek Wisata Linggai Park, Nagari  Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Rabu (27/7).


Arak-arakan jamba tersebut dimulai dari gerbang masuk objek wisata Linggai Park menuju pusat acara didalam objek wisata tersebut,


Wali Nagari Dua Koto Doni Syafri mengatakan, Jamba yang dibawa berasal dari utusan nagari seputaran danau Maninjau serta dari OPD dilingkup Pemerintah  Kabupaten Agam.

“Parade arakan jamba merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022, dimana  kegiatan ini bertujuan kembali menggairahkan kekayaan budaya kita, agar tetap bisa lestari dan lebih dikenal, dimana kegiatan ini dilaksanakan pada hari pertama pembukaan,” ujarnya.


Lebih lanjut wali nagari menjelaskan, manjujuang atau Mambawa Jamba lalu di arak merupakan  tradisi masyarakat kita yang masih tetap terjaga dengan baik.  Isi Jamba berupa makanan tradisional masyarakat Minang. Biasanya jamba disajikan pada saat acara adat seperti acara malewakan gala / pengangkatan pangulu (datuk pemimpin adat).


Penyajian Jamba juga diadakan saat acara besar seperti penyambutan tamu- tamu khusus, baik tamu adat maupun secara pemerintahan," ucapnya.


 Dalam menikmati Jamba, biasanya dilakukan dengan duduk  bersila.


Acara Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 ini rencana akan dibuka dsecara resmi oleh Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi juga dihadiri Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, dan pejabat dari Provinsi Sumbar dan Kabupaten.(Yanto)