Rusia Kembali Serang Wilayah Laut Hitam, Hantam Gedung dan Fasilitas Pelabuhan -->

Rusia Kembali Serang Wilayah Laut Hitam, Hantam Gedung dan Fasilitas Pelabuhan

Rabu, 27 Juli 2022

Rusia kembali menyerang wilayah Laut Hitam Ukraina di Odesa dan Mykolaiv.

KIEV - Rusia kembali menyerang wilayah Laut Hitam Ukraina di Odesa dan Mykolaiv. Serangan menghantam gedung-gedung swasta dan infrastruktur pelabuhan.  


Komando Operasi Selatan Ukraina dalam sebuah posting Facebook Selasa (26/7/2022) melaporkan, dalam serangan itu, pasukan Kremlin menggunakan rudal yang diluncurkan dari udara, sebagaimana dikutip iNews.id.


Di wilayah Odesa, sejumlah bangunan milik warga di pantai terkena serangan dan terbakar. Sedangkan di wilayah Mykolaiv, infrastruktur pelabuhan yang menjadi sasaran serangan Rusia.


Beberapa jam setelah serangan, seorang pejabat yang ditempatkan di Moskow di wilayah Kherson selatan mengatakan, wilayah Odesa dan Mykolaiv akan segera dibebaskan oleh pasukan Rusia. Hal itu seperti seperti wilayah Kherson. 


"Wilayah Kherson dan kota telah dibebaskan selamanya," kata Kirill Stremousov seperti dikutip oleh kantor berita negara Rusia, RIA Novosti. Dilansir dari ABC News, serangan ini terjadi ketika Ukraina tampaknya sedang mempersiapkan balasan di wilayah selatan.


Sebelumnya, Rusia menyerang pelabuhan Odesa pada akhir pekan lalu. Militer Inggris pada Selasa  mengatakan, tidak ada indikasi bahwa kapal perang Ukraina dan persediaan rudal anti-kapal berada di lokasi, seperti yang diklaim Moskow. 


Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, Rusia melihat penggunaan rudal anti-kapal Ukraina sebagai “ancaman utama” yang membatasi Armada Laut Hitamnya. 


“Ini telah secara signifikan merusak keseluruhan rencana invasi, karena Rusia tidak dapat secara realistis mencoba serangan amfibi untuk merebut Odesa. Rusia akan terus memprioritaskan upaya untuk menurunkan dan menghancurkan kemampuan anti-kapal Ukraina,” katanya. (*)