Satu Jemaah Haji Kota Payakumbuh Wafat di Tanah Suci -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Satu Jemaah Haji Kota Payakumbuh Wafat di Tanah Suci

Sabtu, 16 Juli 2022
H. Nurhuda Bustamam Rais 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Suasana duka cita selimuti keluarga besar H. Nurhadis (64tahun) di Payolinyam kelurahan Tigo Koto Dibaruah dan di Talawi, kelurahan Ompang Tanah Sirah kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh.


Pasalnya, H. Nurhadis yang termasuk dalam jemaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung pada kloter V embarkasi Padang. Jemaah Haji Payakumbuh yang memegang paspor Nurhadis Bustamam Rais meninggal dunia, setelah sempat dirawat di RS An Noor tanggal 15 Juli 2022 sekira pukul 16.00 WAS, sekitar pukul 20.00 WIB.


Sebagaimana informasi yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Sri Yusnita, Jumat (15/07/2022) sekira pukul 21.00 WIB.


" إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِناَّ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ.
Kepala Kantor dan Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, turut berduka atas meninggalnya Jemaah Haji Kota Payakumbuh yang bernama Nurhadis Bustamam Rais, Umur 64 tahun. Meninggal jam 16.00 WAS Pada hari Jum'at, 15 juli 2022. Tempat RS An Noor Arab Saudi. Alamat almarhum Payolinyam Kecamatan Payakumbuh Utara,"terang Ramza Husmen.


Diterangkan Ramza Husmen selaku Kepala Staf Urusan Haji dan Umrah Kota Payakumbuh, pemakaman almarhum dilaksanakan langsung pagi ini dan ditempatkan di Soraya.


"Informasi yang kami dapatkan jaraknya lebih kurang 30 km dari Mesjidil Haram.Alhamdulillah, Sholat jenazah dilangsungkan setelah sholat subuh. Sudah selesai dilaksanakan. Diikuti ratusan ribu jamaah dari berbagai negara. Dengan imam sholat, imam besar Masjidil haram.

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزله ووسع مدخله، واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الخطايا كما ينقى الثوب الابيض من الدنس. وأبدله دارا خيرا من داره وأهلا خيرا من أهله وزوج خيرا من زوجه وأدخله الجنة وأعذه من عذاب القبر وعذاب النار.

Semoga Almarhum diampuni dosa-dosanya oleh Allah, dan mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah, serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT. Shalat ghaib akan kita ikuti besok di rumah duka,"paparRamza Husmen, malam itu.


Kondisi di Rumah Duka

Sejak Jumat malam hingga Sabtu siang, rumah duka sudah didatangi warga untuk bertakziah. Baik di tempat Emi (istri almarhum) di lingkungan Payolinyam. Terpisah, di Talawi kampung halaman almarhum shalat ghaib sudah dimulai dilaksanakan usai shalat shubuh, di tempatkan di Surau Ambacang lingkungan Talawi.


Terlihat pada Sabtu (16/07/2022) di Payolinyam, ratusan pelayat hadir dan ikut dalam duka yang dirasakan Bu Emi dan dua orang anaknya beserta cucu. Tampak juga hadir H. Nukaustar dan H. Nurfaisal.


Shalat ghaib dilaksanakan di Mushalla Nurul Hidayah yang terletak di belakang rumah almarhum. Tampak juga dihadiri Kepala Kankemenag, H. Ramza Husmen beserta Kasi PHU Sri Yusnita beserta staf. Ikut hadir unsur pejabat, Kepala KUA dan Kepala madrasah. Juga tampak dihadiri Ketua KBIH dimana almarhum manasik haji sebelum berangkat ke tanah suci.


Mewakili pihak keluarga, H. Nurfaisal menyebut bahwa dulu almarhum dilepas dengan doa.


"Dulu almarhum kita lepas dengan doa. Sekarang beliau dipanggil Allah di Tanah suci. Dan ini adalah impian kita. Atas nama keluarga kami mohon maaf atas segala salah, khilaf. Selanjutnya, kalau ada hutang piutang. Setelah duka kami surut, silahkan hubungi kami pihak keluarga. Semua adalah kehendak Allah, semoga haji mambrur diraih almarhum,"ungkap Nurfaisal.


Sementara Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen, kala itu menyampaikan ungkapan duka mendalam di hadapan jemaah shalat ghaib dan pihak keluarga.


"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah meninggal dunia Bapak Nurhadis, sekitar pukul 16.00 sore ini di RS An Noor. Semoga Husnul KHOTIMAH. Sebagaimana sudah sama kita ketahui secara online. Almarhum meninggal pada hari Jumat, setelah sholat Asar dilaksanakan. Setelah wukuf selesai dilaksanakan di Arafah pada hari Jumat lalu di saat menunaikan ibadah haji, karena panggilan Allah SWT,"ucap Ramza Husmen.


"Sangat beruntung H. Nurhadis (alm), almarhum orang yang sangat baik dan sangat pemurah dan suka berbagi. Bapak meninggal pada hari yang sangat mulia dan di tanah suci yang dimuliakan Allah SWT. Insyaallah dosanya diampuni Allah SWT dan dimasukan dalam syurga-Nya. Aamiin ya rabbal 'alamiin,"pungkasnya sembari mengikuti shalat ghaib untuk almarhum H. Nurhadis.


Kesempatan itu, Kasi PHU Sri Yusnita saat diwawancarai media menyebutkan bahwa jumlah jemaah haji Payakumbuh 126 orang.


"Jemaah Haji Payakumbuh semuanya 126 orang (122 di kloter 5 dan 4 orang di kloter 8) Dan wafat 1 orang, yaitu H. Nurhadis yang kita selenggarakan secara ghaib. Insya Allah, jemaah kita (tergabung kloter V) akan kembali ke tanah air tanggal 20 Juli 2022,"terang Sri Yusnita.(ul)