Serangan Drone AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Serangan Drone AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah

Rabu, 13 Juli 2022

Pemimpin ISIS di Suriah tewas akibat serangan drone Amerika Serikat (AS).


WASHINGTON  - Amerika Serikat (AS) melakukan serangan menggunakan drone di wilayah Suriah. Serangan ini menewaskan lima pucuk pimpinan AS, salah satunya adalah Maher Al Agal. 


Pusat Komando AS mengkonfirmasi jika Al Agal telah tewas dalam serangan drone di barat laut Suriah. Serangan itu juga membuat sejumlah anggota ISIS lainnya terluka parah.


"Perencanaan panjang dilakukan dalam operasi ini guna memastikan keberhasilan dalam pelaksanaannya. Hasil pemeriksaan awal menunjukkan tidak ada korban sipil," bunyi pernyataan Pusat Komando, dikutip dari Reuters, Selasa (12/7/2022),sebagaimana dikutip iNews.id. 


Al Agal disebut sebagai sosok bertanggung jawab dalam mengembangkan jaringan ISIS di luar Irak dan Suriah.


Tewasnya Al Agal bakal menjadi pukulan telak dalam upaya ISIS untuk menata kembali kekuatan mereka setelah mengalami kekalahan dan kehilangan sebagian besar wilayah kekuasaan.


Pada Februari lalu, pemimpin tertinggi ISIS Abu Ibrahim Al Hashimi Al Quraishi tewas dalam serangan militer AS di Suriah. Disebutkan, Al Hashimi meledakkan diri saat dikepung.


Namanya dimunculkan ISIS sebagai pemimpin baru pada Oktober 2019 atau beberapa hari setelah pasukan elite AS membunuh Abu Bakar Al Baghdadi juga di Suriah. Nama Al Hashimi awalnya tak masuk dalam radar pasukan koalisi saat itu. Diyakini nama itu hanya samaran guna mengamankan para pucuk pimpinan ISIS. (*)