Sering Kecelakaan, Bupati Desak Pemprov Bangun Pembatas Jalan di Batipuh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Sering Kecelakaan, Bupati Desak Pemprov Bangun Pembatas Jalan di Batipuh

Rabu, 27 Juli 2022

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), untuk membangun pembatas jalan di ruas jalan Kubu Kerambil - Batusangkar, yang merupakan ruas jalan Provinsi, karena sering terjadi kecelakaan di kawasan tersebut. Hal itu disampaikan Bupati, di ruang kerjanya, Rabu (27/7).


Bupati katakan, sudah begitu banyak pengaduan masyarakat yang masuk kepadanya, terkait rawannya ruas jalan tersebut, khususnya di Nagari Batipuh Ateh. Sudah sering mobil terjun ke halaman orang, masuk bandar, bahkan ke jurang. 


"Saya perintahkan Dinas PU dan Perhubungan, berkoordinasi untuk memasang pembatas jalan di sana, ternyata itu ruas jalan Provinsi. Tentu kami memohon kepada Pemprov agar menyikapi ini, sehingga tidak ada lagi warga Sumbar yang jadi korban di kawasan itu," jelas Eka Putra. 


Di sisi lain, Eka jelaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi intensif dengan dinas terkait di Pemprov Sumbar, untuk memperbaiki jalan-jalan Provinsi yang rusak di Tanah Datar. 


"Kebanyakan jalan yang rusak adalah jalan Provinsi. Kalau kami perbaiki dengan APBD Kabupaten, maka akan jadi temuan. Kalau dibiarkan terus, maka seakan-akan Pemkab tak peduli, padahal itu ruas jalan Provinsi," pungkas Bupati.


Sementara itu, Kadis Perhubungan Nusyirwan mengatakan, terkait seringnya terjadi kecelakaan di jalan raya Kubu Kerambil - Batusangkar, pihaknya telah mencoba menyurati Dishub Provinsi serta memberikan tembusan ke pihak terkait, untuk penyediaan rambu keselamatan berkendara di lokasi itu. 


Nusyirwan sampaikan lagi, direncanakan semula, pengadaan rambu keselamatan berkendara, tepatnya di Nagari Batipuah Ateh di anggarkan pada tahun 2023. Namun melihat kondisi saat ini, jalan tersebut semakin hari terus memakan korban, dalam seminggu terakhir sudah ada tiga unit mobil yang terperosok atau terjatuh. 


"Menyikapi hal itu, untuk antisipasi kecelakaan hingga akhir tahun ini, pihak Provinsi akan meninjau langsung ke lokasi terkait pengaman jalan," ucap Kadishub. 


Terakhir Kadishub Nusyirwan tambahkan, kita sudah mengirimkan surat ke Dishub Provinsi, dan tembusannya juga ke PU dan DPRD. Nanti akan ditinjau ke lapangan, apa yang akan dilakukan dalam antisipasi kecelakaan di daerah Batipuah. (F12)