Sinergitas TNI-Polri Dalam Menjaga dan Mengamankan Pulau Terluar di Papua Barat -->

Iklan Atas

Sinergitas TNI-Polri Dalam Menjaga dan Mengamankan Pulau Terluar di Papua Barat

m@s
Kamis, 14 Juli 2022
.


Papua, fajarsumbar.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, bersama Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga serta Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr., Opsla, melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Fani untuk berada di tengah-tengah prajuritnya yang sedang melaksanakan pengaman Pulau Terluar, dengan  menggunakan Pesawat Helikopter TNI Angkatan Laut HU-4207. Rabu (13/07/22).


Dalam kunjungan kerja secara bersama-sama ke Pulau Terluar tersebut,  terlihat Sinergitas TNI dan Polri semakin kuat dan Solid dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Adapun  Pulau Fani merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik yang berbatasan dengan negara Palau, tepatnya sebelah utara dari Papua Barat dan sebelah timur Maluku Utara.

 

Setiba di Pulau Fani, Pangkoarmada III beserta Pangdam XVIII/Kasuari  dan Kapolda Papua Barat  langsung menuju Pos Satgas Pengamanan Pulau Terluar Pulau Fani dan disambut  dengan tarian adat setempat serta menerima Laporan Komandan Satgas Pengamanan Pulau Terluar/Puter, yang dilanjutkan dengan pengarahan dan tanya jawab dari ketiga Pejabat TNI dan Polri tersebut.


Selanjutnya dalam kunjungan tersebut dilaksanakan penyerahan Searider, Genset dan bahan kontak kepada Satgas Pengamanan Pulau Terluar/Puter dan masyarakat Pulau Fani, yang diakhiri dengan peninjauan fasilitas Posal Pulau Fani.


Sementara itu Kapal Markas Guskamla Koarmada III (KRI Teluk Weda-526) yang sedang melaksanakan Operasi Perisai Paus 22 dan KRI Albakora-867 turut mendukung kegiatan tersebut dengan membawa bahan kontak dan logistik yang akan diberikan kepada Satgas Pengamanan Pulau Terluar dan masyarakat Pulau Fani serta  sebagai spare deck helly.


Hadir pula dalam kegiatan tersebut di Pulau Fani dengan menggunakan KRI Teluk Weda-526, yaitu  Komandan Pasmar 3, Komandan Guskamla Koarmada III, Komandan Korem 181/PVT, Asops, Aspotmar Pangkoarmada III, Asintel, Asops Danpasmar 3, Asintel, Asops Danlantamal XIV, Dandenintel Koarmada III, Kasilog Korem 181/PVT, dan Dandim Kab. Raja Ampat. (Koarmada III)