Terkait Penembakan Brigadir J, Dua Petinggi Polri Dicopot -->

Terkait Penembakan Brigadir J, Dua Petinggi Polri Dicopot

Kamis, 21 Juli 2022
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberi keterangan kepada wartawan tentang kasus pembunuhan Brigadir J. (dok. medan.tribunnews.com)


Jakarta - Dua petinggi Polri dicopot pasca ditemukannya rekaman CCTV penembakan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.


Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, Karo Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dinonaktifkan dari jabatannya masing-masing.


"Pertama, memutuskan untuk menonaktifkan 2 orang, pertama menonaktifkan Karo Paminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan. Kedua yang dinonaktifkan pada malam ini adalah Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol. Budhi Herdi," tutur Dedi sebagaimana dikutip iNews.id.


Saat ini kata Dedi, Tim Khusus Polri dan keluarga sepakat untuk melakukan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J dengan melakukan pembongkaran makam untuk memeriksa mayat secara ilmu kedokteran forensik.


"Pada intinya dari hasil komunikasi dari pihak pengacara diminta untuk dilaksanakan otopsi ulang atau ekshumasi itu dipenuhi. Sekali lagi, Bapak Kapolri mendengarkan seluruh apa yang menjadi aspirasi di masyarakat dan juga komitmen dari pimpinan Polri dalam rangka menjaga independensi transparan dan akuntabel, tim menunjukkan kinerjanya yang maksimal," ucapnya. (*)